APLIKASI EDMODO

APLIKASI EDMODO

Sekolah baru bagi sebagian orang cukup meresahkan. Hal ini sangat beralasan. Rekan kerja baru, siswa baru dan lingkungan baru. Penyesuaian itu pasti. Apakah masa penyesuaian ini akan berlangsung lama atau akan berlangsung singkat, waktu yang akan membuktikan.

Pertama menginjak tempat tugas yang baru yaitu SMP N 2 Mataram, dengan langkah pasti dan mengucapkan bismillah inilah tempat baruku. semoga ditempat yang baru kreativitasku bisa terasah. 

Senin, 6 Oktober 2020 kegiatan KBM untuk pertama kali saya mulai. Menurut jadwal dari kurikulum, jadwal KBM saya hari selasa, kamis dan jumat. Dengan bantuan teman-teman saya mulai diperkenal dengan aplikasi baru. aplikasi yang dipergunakan dalam KBM yaitu Edmodo. Mulai tahun ajaran baru sepakat menggunkannnya, sebelumnya masing-masing guru menggunakan aplikasi yang berbeda.

Sebelum KBM berlangsung, kami telah dipinjamkan tablet untuk kegiatan daring. Semua siswa di SMP N 2 Mataram belajar secara daring. Sedangkan siswa yang terkendala dengan perangkat dan jaringan bisa menggunakan fasilitas sekolah. 

Aplikasi edmodo terintal di tablet berkat bantuan teman-teman. Awalnya sedikit merepotkan, karena saya belum terbiasa. Namun seiring waktu saya mulai familier. mengulang kembali dirumah. membuat kelas contoh sebagai tempat saya latihan. 

Supaya saya tidak lupa saya akan menuliskan disini tahapannya.

Pertama. Buka google crome
Kedua ketik edmodo pilih teacher karena kita login sebagai guru
Ketiga klik login di pojok kanan atas
Keempat pilih contunue white google
Kelima pilihlah akun yang akan kita gunakan untuk login
Keenam muncul layar edmodo dan siap kita gunakan
Ketujuh buatlah kelas yang kita ampuh dengan cara mengklik buat grup
Kedelapan  mengentri nama siswa satu persatu. hal ini untuk menghindari kekeliruan nama siswa
Kesembilan menyimpan nama siswa yang sudah dientri
Kesepuluh mengirim nama siswa yang berisi username dan pasword masing-masing dan diminta siswa untuk dapat bergabung
 
Usai membuat kelas, saya mempelajari cara mengirimkan daftar hadir dan cara mengeceknya. belajar cara mengirimkan tugas dan cara mengecek penugasannya yang terkirim. Cara membuat quiz dan cara mengecek. Selama satu pekan saya mempelajarinya, namun KBM tetap berlangsung seiring dengan masa adaptasi saya menggunakan aplikasi baru. Banyak hal yang harus saya pelajari.

Terima kasih kepada teman-teman yang telah berbagi ilmu dengan kami. walau singkat namun sangat bermanfaat.







Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.