Belajar Bioteknologi Konvensional ala Bu Fitran

Belajar Bioteknologi Konvensianal  ala Bu Fitran


Memasuki tahun ajaran baru 2024-2025 , sebagai seorang guru so pasti sibuk menyiapkan perangkat pembelajaran sebagai salah satu modal ajar untuk mengajar. Berbagai sumber pasti dah ditelusuri, pelatihan-pelatihan online maupun ofline secara mandiri juga dapat menambah modal ilmu demi mencerdaskan anak bangsa. Menjadi guru di zaman now (kata generasi Z) harus melek segalanya. Melek IT ok, melek bahasa gaul ok..kebablasan ndak ya ???
Nah sebagai seorang guru pasti deh pingin terobosan dalam menyampaikan materi  baru agar materi yang disampaikan dapat diingat muridnya (muridnya bisa , gurunya riang, hehehe). materi yang disampaikan diingat siswa tanpa harus menghapal...bisa nggak ya?
Ok , saya  membuat rencana pembelajaran untuk materi Bioteknologi. Langkah-lankah  sebagai berikut:
1. bertanya jawab dan berdiskusi terkait materi bioteknologi 
2. Setelah siswa paham materi bioteknologi maka mereka dapat membedakan bioteknologi konvensional dengan modern berdasarkan contoh-contoh yang mereka temukan dalam kehidupan sehari-hari
3. siswa diminta menggelompokan bioteknologi dibidang pangan  ( bahan dasar, mikroorganisma yang berperan, serta produk yang dihasilkan)
4. Siswa bekerja dalam kelompok untuk membuktikan peranan mikroorganisma untuk menghasil produk
5. siswa diminta membuat perencanaan terkait produk yang akan mereka buktikan
6. siswa mendiskusikan perencanaan terlebih dahulu, jika disetujui maka lanjut ke tahap berikutnya
7. siswa diminta mewawancarai pakar atau ahli dibidangnya sesuai produk yang dibuktikan ( dibuktikan dengan vidio wawancara)
8. jika hasil wawancara berbeda dengan rencana kerja siswa dapat memilih salah satu dan berdiskusi dulu dengan guru
9. siswa melakukan pembuktikan dengan melakukan kegiatan sesuai dengan perencanaan dan hasil wawancara.
10. siswa mempresentasikan produk yang dihasilkan
11. siswa mengunggah vidio mereka ke youtube dan link diserakan ke gurunya.

 Seru banget pembelajaran ini, hasil yang diharapkan dari pembelajaran ini sebagai berikut:
1. siswa dapat menyusun perencanaan dengan berkolaborasi dengan teman kelompok
2. melatih siswa bagaimana berkomunikasi dengan orang lain atau orang yang lebih tua melalui kegiatan wawancara
3. siswa secara langsung terlibat dalam menghasilkan produk yang menggunakan mikroorganisme
4. Kolaborasi antara siswa dengan orang tuanya ( dari  penjelasan siswa mereka didukung oleh orang tuanya, contoh orang tua yang ahli membuat roti maka mereka dapat diwawancara atau belajar ke orang tuanya)
5. siswa dapat menggunakan perangkat IT dan mengeksplor kemampuan mereka dalam bentuk vedio

Pembelajaran ini bukan tidak memiliki kelemahan, tetapi dapat diminimalisir. misalnya untuk mengantisipasi siswa hanya numpang nilai maka didalam vedio mereka harus terlihat saat wawancara maupun dalam pembuatan produk. Produk yang gagal karena kesalahan menggunakan mikroorganisme atau takaran mikroorganisma tidak sesuai. Namun semuanya dapat dijelaskan saat presentasi.

siswa merasa geli  dengan produk yyang dihasilkan, mereka membawa produk yang yang gagal dan yang sudah sesuai dengan hasil wawancara/perencanaan.


                                                 salah satu contoh kegiatan siswa 

banyak pengalaman yang mereka peroleh. tidak mulus juga, misalkan ada produsen yang tidak mau diwawancarai, ada juga yang tidak mau membuka rahasia resep dll. Namun disinilah diuji kemampuan mereka menhadapi situasi yang mereka hadapi.

Jika ingin melihat vedio terkait resep dan cara membuktikan penggunaan mikroba dalam menghasilkan produk bioteknologi konvensional  dibidang pagan dapat dilihat dikolom komentar.






16 komentar:

  1. https://youtu.be/KYuF6d23BRI?si=q2ROsd4jH3_RtTHE
    Kelas 9D

    BalasHapus
  2. https://youtu.be/PtnHfNUzkys?si=n8ZSSN2x0pOLcMPT
    kelompok vara & gladys 9A

    BalasHapus
  3. https://youtu.be/S7Clqp-44OI?si=ghOcTkwil4CerSA4

    BalasHapus
  4. https://youtu.be/f5xlFZmiOf8
    Kelompok 7 - Kelas 9D

    BalasHapus
  5. https://youtu.be/tPcDCqFHwvY?feature=shared

    BalasHapus
  6. https://youtu.be/fYJMNwbLN5I?si=7QXJP9UzO92WRZv2
    Githa kelas 9A

    BalasHapus
  7. https://youtu.be/qvjDafnvWb0?feature=shared
    Kelompok 3 Kelas 9D

    BalasHapus
  8. https://youtu.be/jIouS39nkxM?si=HPKbGx3yIFk1x9Zd



    Kelas 9c bioteknologi yoghurt

    BalasHapus
  9. https://youtu.be/l9Sz9AuUuB0?si=kFSS38hVPz0zw5XW

    BalasHapus
  10. https://youtu.be/55aqKHvrlhg?feature=shared

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.