KETELADANAN YANG TAK TENILAI

KETELADANAN YANG TAK TERNILAI

Genap 8 tahun ibunda tercinta Hj.  Siti Fatimah meninggalkan kami, 9 Agustus 2020. Seorang wanita tangguh yang mampu mengukir  sejarah  dalam hidup kami. Telah mengantarkan kami sampai ke jenjang pernikahan dan memiliki putra dan putri.

Seorang wanita mengenyam pendidikan  hanya batas bangku SD, tidak tamat.  namun dengan perjuangannya telah mengantarkan kami ke jenjang sarjana. Berkat doanya kami memperoleh pekerjaan dengan mudah.  Berkat doanya kami hidup cukup.  Berkat keteladannya kami mampu menyekolahkan anak ke perguruan tinggi. Berkat keteladannya kami kuat. Berkat keteladannya kami hidup sederhana.  Berkat keteladannya kami bisa mengarungi mahligai rumah tangga dengan bahagia. Berkat keteladanannya kami bisa berbagi dengan orang lain. Begitu banyak keteladannya yang baru kami rasakan setelah almarhumah meninggalkan kami. Keteladan bagaimana cara berkerabat yang baik. seorang wanita terlihat garang namun begitu lembut hati, penyayang keluarga dan mudah memaafkan kekhilapan anak anaknya.

Kami rindu akan nasihatnya. Nasihat ala ibunda ytc,  terkadang sedikit pedes,  telingga panas,  itu dirasakan saat itu.  Effek dari nasihatnya sekarang kami rasakan.  Satu persatu nasihat, dapat kami rasakan saat ini. Keteladan yang telah  dilakukan telah membuka mata kami saat ini.  Sebuah nasihat namun tidak terucap.

Bila rindu datang, kami hanya mampu menadakan tangan, mengirimkan  doa. Angan menyisir hari-hari yang telah berlalu. Kini tidak terdengar lagi suara yang menanyakan khabar kami,  mengingatkan untuk menjaga cucunya.  Kami tidak lagi bisa melayaninya dengan masakan yang disukai.. Yang rasanya tidak seenak masakan almarhum ayahanda. Tidak bisa kami berharap, ibunda datang mengunjungi kami dengan tiba-tiba.  Kapanpun beliau rindu,  beliau akan datang.  Tidak pernah memikirkan berapa biaya yang dikeluarkan.  Begitu cara Ayanda dan ibunda memperlihatkan betapa besar cintanya kepada kami. Sebuah pengorbanan  yang tidak pernah bisa kami balas.

ya Allah,  ya Rahman, ya Rahim,. Dengan menadakan kedua tangan kami,  ampuni segala kekhilapan almarhumah  ibunda tercinta hj Siti Fatimah dan terima segala amal ibadahnya dan tempatkan ditempat yang terindah disisimu.  Serta masukkan ke dalam jannahmu bersama nabi Muhammad SAW.  Aamiin. YRA.  Al fatihah

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.