EVALUASI KBM SELAMA PANDEMI COVID 19

EVALUASI KBM SELAMA PANDEMI COVID 19

Agenda rapat hari ini 10 Agustus 2020, mengevaluasi kegiatan selama 2 pekan pelaksanaan luring dan daring.  Melalui pesan singkat WAG.  undangan untuk pertemuan pukul 09.00 wita.  Karena ada bapak Kabid GTK yang berkunjung maka rapat ditunda.
Rapat Eavaluasi KBM

Rapat kali ini,  dihadiri oleh bapak Kabid GTK Dinas Pendidikan Kota Mataram, bapak Kepsek dan semua guru SMPN 3 Mataram.

Kepala sekolah dalam pengarahan mengatakan, guru diharapkan melaksanakan tugas dengan bersungguh-sungguh, tiap hari masuk sekolah selama jam kerja.  Untuk itu tidak ada guru yang mengajar dari rumah. Terlalu banyak suara diluar yang mengatakan guru makan gaji buta.  Walau kita tahu begitu banyak tugas guru.  Mempersiapkan pembelajaran daring dan luring

Rapat juga dihadiri oleh bapak Kabid M. Yasin M. M. Dalam pengarahannya beliau menyampaikan akan ada mutasi dalam waktu dekat. Mutasi atau roling jadikan hal yang biasa.  Ini dilakukannya  untuk memeratakan guru.  Sehingga tidak ada lagi guru yang mengajar di sekolah lain untuk mencukupkan jam mengajar. 

Beliau  juga berpesan,  menunggu keluh kesah atau sharing bapak dan ibu guru dengan beliau tanpa melalui perantaraan kepala sekolah. 

Menurutnya,  beliau tidak Ingin terlalu banyak birokrasi,  permudahkan urusan guru. Ungkapan beliau, "jika kita mempermudah urusan orang lain, maka Allah akan mempermudahkan urusan kita.

Sedangkan untuk pembelajaran saat ini masih menggunakan  model daring dan luring.  Hasil rapat  beliau dengan komeninfo dan team penangana covid 19,  untuk  mengantisipasi pembelajaran daring,  maka telah dipasangkan jaringan internet  di fasilitas umum.  Seperti balai desa atau kelurahan, sangkareang,  udayana.  Semoga saja apa yang telah diperbuat pemerintah  bisa bermanfaat.

Sedangkan pembelajaran  baik luring dan daring, diharapkan  guru  guru dapat melaksanakan dengan maksimal.  jika siswa masih kesulitan belajar secara luring,  maka guru boleh betkunjung,  bukan mengajar, akan tetapi memantau kegiatan  yang dilaksanakan oleh siswa.  Buatkan laporan untuk mempertanggungjawabkan tugas yang telah dilaksanakan.

Waka Kurikulum melanjutkan kegiatan diskusi yaitu menyepakati  kurikulum  yang kami akan gunakan. Ada 3 opsi,  kami memilih kurikulum opsi yang ke 3 yaitu kurikulum mandiri.  Artinya sekolah yang menyesuaikan dengan situasi saat ini.
Hasil evaluasi KBM,  begitu banyak yang kami hadapi selama pembelajaran baik luring maupun daring. Solusinya, pertama,  cek siswa yang tidak  terjaring baik melalui WA grup, google classroom, dan luring.  Siswa yang tidak terdaftar di pembelajaran daring  dan luring,  ditelusuri keberadaannya. Kedua bagi siswa yang ada di grup WA atau google classroom  dan pembelajaran luring namun tidak mengerjakan tugas, itu menjadi tugas guru mapel yang bekerjasama dengan guru BK untuk menanganinya.

Demikian rapat pada hari ini,  semoga, semoga hasil rapat membawa perbaikan bagi kami guru hebat.




Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.