SIARAN PERDANA DI RRI MATARAM


 SIARAN PERDANA DI RRI MATARAM


Pertama kali siaran di RRI cukup membuat jantung berdegup kencang. Sebelum mendekati hari H Saya masih santai. Awalnya saya dihubungi akan siaran tanggal 27 Juli 2020. Namun melalui WA saya diinfokan kembali jika siarannya tanggal 3 Agustus 2020. Terakhir saya dinfokan kembali siaran tanggal 5 Agustus 2020. Tanggal 3 Agustus saya dikirimi jadwal siarannya. Materi dan power point mulai saya persiapkan. Pokok bahasan sistem gerak pada manusia. Saya membatasi materi tulang sebagai sistem gerak. Penampilan perdana saya, saya abadikan disini.



Ada perbedaan yang saya rasakan saat saya mengajar dengan siaran di RRI secara live. Saat saya mengajar di sekolah, materi sudah kita batasi, maka siswa akan fokus dengan materi yang dipelajarinya. Sedangkan saat siaran semua pertanyaan siswa harus kita jawab. 

Ada pertanyaan yang membuat saya ragu untuk menjawab. Kira-kira pertanyaan seperti ini " manakah tulang yang paling kuat diantara tulang penyusun rangka". Jawaban saya waktu itu tulang ekor. Mengapa? karena berdasarkan hasil penelitian, tulang ekor tidak rusak walau dipanaskan pada suhu yang tinggi. Tapi setelah saya cermati pertanyaannya mungkin yang dimaksud adalah tulang yang terkuat sebagai penopang tubuh, maka jawabannya adalah paha. Namun karena siswa bertanya melalui WA jadi agak sulit untuk meluruskan jawabannya. Begitu juga pertanyaan tentang terkilir. Terkilir atau keseleo merupakan salah satu gangguan pada sistem gerak. Jika tidak terlalu parah maka cukup diterapi sama tukang urut saja, sedangkan kalau parah misalnya bengkak, susah jalan maka dibawa ke dokter atau rumah sakit. Tapi waktu itu saya menanggapi lain yaitu patah tulang. 

Nah itulah penampilan perdana saya, dari pengalaman ini, maka saat kita siaran maka semua berkaitan dengan materi yang disampaikan harus dikuasai dan dipahami. Sedikit nyerempet ke profesi dokter. Semua KD IPA, khususnya materi tentang tubuh manusia, salah satunya siswa harus mampu menguasai upaya menjaga kesehatan. Jika saat mengajar bisa kita tunda untuk menjawab, karena materi belum diajarkan, namun pada saat siaran harus dijawab. Maka persiapkan diri baik psikis, supaya tidak demam panggung juga pengetahuan yang luas. 

Semoga pengalaman ini dapat bermanfaat bagi pembaca.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.