DETIK-DETIK BERAKHIRNYA PENDAFTARAN

DETIK-DETIK BERAKHIRNYA PENDAFTARAN ULANG

Pendaftaran siswa baru untuk SMA  tanggal 11 Juli 2020 berakhir. Malam tanggal 10 Juli  mengantar  Indri untuk foto. Salah satu kelengkapan pendaftarannya. Di sana bertemu dengan salah satu orang tua yang juga mengantar anaknya. Rasa kecewanya dan kesal tidak bisa disembunyikan. Bukan dipermasalahkan tempat sekolahnya. Prosesnya yang kurang tansparan. 

Menurut beliau, anaknya mengikuti seleksi lewat jalur prestasi di SMA N 1 Mataram, namun tidak lulus.  Sedangkan di SMA N 2 Mataram akan menggunakan jalur  zonasi dan yakin dapat diterima. Seandainya dari awal SMA N 2 Mataram bukan  zona  dari Tanjung Karang Permai, orang tua bisa mengantisipasi. Seperti Indri  mengikuti seleksi melalui jalur prestasi menggunakan sertifikat.  Jalur  prestasi di SMA N 3 Mataram untuk juara 2 tingkat kota Mataram bisa di tampung, sedangkan Indri sertifikat juara I tidak bisa lolos di SMA N 2. Artinya siswa dan orang tua pasti akan lebih cermat untuk memilih  sekolah. 

Rasa kekecewaan masih tersisa. Masih berharap untuk bisa sekolah di tempat yang lebih dekat. jadi malas-malasan bersiap-siap. Pendaftaran akan berakhir pukul 14.00 wita. Pukul 09.00 wita, saya minta Indri siap-siap, sementara saya menuju ke IKIP Mataram. Jurnal yang terbit tahun 2019 baru saya  ambil. Sebenarmya sudah disiapkan dari kemarin. saya janjikan untuk mengambil sebelum pukul 16.00 wita. karena 'Ngobrol Bareng Omjay 'belum selesai, akhirnya saya tunda. 

Pukul 11.00 wita kami berangkat. menuju SMA N 10 Mataram. Baru saja keluar rumah, sepeda motor terasa goyang. Bannya kempes. Kami mencari tempat pompa ban dulu. Pukul 11.11 wita kami meluncur, saya mengendarai sepeda motor cukup santai, kecepatan sedang. penutupan juga masih lama, tiba  pukul 11.30 wita, 

Kami tidak langsung mendaftar,  melihat dulu sekolahnya. Indri saya ajak keliling supaya lebih mengenal sekolahnya. Tapi dia menolak. Sepi, ada satu dua orang  siswa yang datang mendaftar. Mungkin karena sudah hari terakhir. Jam menujukkan pukul 12. 30 Wita.

Indri saya ajak untuk mendaftar, tapi masih menolak, tunggu pukul 13.30 wita. Akhir saya ajak jalan-jalan, karena haus berhenti di kedai. Kami memesan teh hangat dan beberapa cemilan. ternyata indri belum sarapan, tapi tidak merasa lapar. Ditawari makan ditolak. 

Kami melanjutkan perjalanan, menuju ATM, persiapan untuk pembelian baju seragam. setelah mengambil uang kembali lagi ke SMA N 10. tiba sekitar pukul 13.30, langsung menuju tempat pendaftaran. Di sana sudah ada siswa yang mendaftar , kami antre. Anak dari perumnas. Tidak berapa lama datang  lagi siswa mendaftar,  ternyata  teman TKnya  yang tinggal di perumnas juga.

Kami ke meja pendaftaran dan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran. Sambil mengisi formulir, saya menanyakan tentang sekolah. Menurut gurunya SMA 10 Mataram dulunya SMK 9 Mataram, berdiri tahun 2010. Tahun 2018 dialiih menjadi SMA. Siswa pertama, tahun ini baru naik kelas XII. Sekolah masih proses pembenahan. Masjid/musollah belum rampung. Lahan cukup luas, ditumbuhi banyak pohon yang rindang. salah satu nangka, buahnya lebat dan pendek. Udara cukup segar. 

Semoga SMA N 10 Mataram  mencetak GENERASI penerus yang MUMPUNI.

Setelah selesai mendaftar, kami pamit. Pembelian pakaian ditunda. Untuk proses pengenalan sekolah dan pembelajaran dilakukan secara daring. Setiba di rumah istirahat sebentar, solat dzohor.

' SEMUA SEKOLAH SAMA YANG MEMBEDAKAN  BAGAIMANA PROSES KBM YANG DILAKUKAN SEKOLAH"








Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.