NGEBLOG YO!



Gelombang 10
Resume : Ngeblog  dan Kisah Menerbitkan Buku. 
Hari tanggal: Senin, 16 Juni 2020
Pemateri : Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd
Moderatot: Ibu Fatimah 
Peresume: Fitran Sari


NGEBLOG YO!

Awalnya saya tidak pernah tertarik dengan blog. Walaupun sebenarnya anak saya telah bergelut dengan dunia blog sejak mereka SMA. Mendukung mereka sebuah keharusan dengan menyediakan fasilitas seperti internet dan komputer. Bahkan anak-anak mendapat penghasilan dari blog mereka. Namun semua berubah sejak saya bergabung dengan kelas menulis.  Kecintaan dengan dunia blog dari hari ke hari semakin bertambah  dan merasa terlambat untuk mengenal blog.  Saya mulai mengisi blog, walaupun saya sadari tulisan saya jauh dari sempurna. Tapi saya bermimpi suatu saat  akan menghasilkan sebuah karya terbaik  yang berasal dari blog.
Hari ini, senin, 16 Juni 2020. kami kembali bertemu dengan seorang narasumber muda dengan banyak prestasi. Nara sumber kali ini adalah  Pak Brian dan dipandu oleh ibu Fatimah.

Profil Pak Brian
Nama: Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd
Tempat tgl lahir: Jakarta, 30 Juni 1992
Pendidikan: S1 PGSD
Pekerjaan: Guru SD
Tempat tinggal: Bekasi
Aktivitas lain: ngeblog sejak 2009, Menulis buku,  puluhan artikel dimuat media cetak.
Membantu Teman membuat Blog
Pengalaman Ngeblog  sejak 2009, dan menjadi guru blogger.   sehingga tergerak untuk membantu bapak/ibu yang kesulitan  membuat/menggunakan blog dalam grup menulis. Ini semua dilakukan agar memiliki banyak teman-teman guru blogger dan mencintai blognya serta eksis. Membantu teman guru lewat Japri untuk memghindari agar tidak gagal  fokus.
Artikel pak brian di blog
http://www.praszetyawan.com/2020/06/menjaga-konsistensi-ngeblog-11-tahun.html
Kesimpulan artikel tersebut yaitu, " motivasi menjadi faktor penting untuk menjaga konsistensi ngeblog".
Motivasi dalam ngeblog  ada dua

  1. hasil ngeblog 
  2. target ngeblog
Sebaiknya jika ngeblog motivasi yang berorientasi pada hasil dihindari, karena jika tidak berhasil maka blog akan mudah ditinggalkan. Memasang iklan di blog boleh saja tapi jangan berharap banyak.
Blogger yang baru, perlu menunggu minimal 6 bulan jika ingin mendaftarkan blognya ke google adsense, itu pun tidak dijamin pasti diterima.
Yang terpenting adalah kembangkan motivasi untuk mengasah kemampuan menulis, hingga menerbitkan buku. Sehingga Blog digunakan sebagai media tempat  menulis saja.
Ide Tulisan
Minim ide tulisan dapat menghambat aktivitas menulis. Namun untuk menulis tidak perlu menunggu ide/ atau kejadian hebat. Menulis  hal biasa yang kita lakukan/alami bisa jadi dianggap luar biasa bagi orang lain. Maka hal yang paling mudah ditulis adalah pengalaman/aktivitas sehari-hari di rumah atau di tempat kerja.
Blogger vs Wordpress
Blogger atau wordpress tergantung selera masing-masing. Lebih spesifik lagi, tergantung blog mana yang pertama kali dikenal. Jika pertama kali blog yang dikenal adalah wordpress, maka akan mempelajari wordpress sampai terbiasa dan nyaman, sehingga menganggap wordpress lebih bagus.
Teknis penggunaan blogger
Hal terbaru dari blogspot adalah blogger.com perlahan-lahan menuju perubahan tampilan baru. Saat ini, jika baru membuat blog, maka secara otomatis kita disajikan penampilan baru blogger.com. Namun ini masih tahap uji coba. Kita masih dapat mengembalikan ke  tampilan lama blogger. Namun suatu saat nanti pasti tampilan baru akan menjadi permanen. Maka sebaiknya kita sedikit demi sedikit mulai membiasakan diri dengan tampilan baru blogger.com. Blogger.com memang kerap mengubah tampilan. Sudah tak terhitung berapa kali berubah tampilan sejak  pertama kali ngeblog pada 2009.
Ini video terbaru tutorial blog di channel youtube  pak Brian.


Kunjungi Blog
Daftar isi buku dapat dilihat pada blog
http://www.praszetyawan.com/2020/03/daftar-isi-lengkap-buku-blog-untuk-guru.html
Sejumlah blog untuk berbagai kepentingan. Bisa dilihat disini:
https://www.praszetyawan.com/p/my-other-blog.html
Buku Blog
Buku solo yang dihasilkan dan antologi

  1. buku blog untuk guru 
  2. Buku aksi literasi guru masa kini baru terbit bulan lalu. Buku kedua ini berisi kumpulan artikel yang berasal dari blog praszetyawan.com dan blog gurusiana. Artikel dipilih yang sesuai dengan tema buku yaitu literasi. Sebagian lainnya merupakan tulisan baru yang belum pernah diposting ke blog.
  3. Buku solo ketiga saya akan terbit. Berjudul “Menerjang Tantangan Menulis Setiap Hari” berisi tentang best practice, aktivitas di sekolah, dan opini pendidikan. Tulisan-tulisan itu dibuat ketika mengikuti program tantangan menulis setiap hari yang diadakan gurusiana.
  4. Selain 3 buku solo,  juga membuat 1 buku antologi cerita mini bersama siswa sekelas dengan tema hobi.
Semua buku itu Masih diterbitkan di penerbit indie. Maka dari itu pak Brian masih belajar menulis agar suatu saat memiliki buku yang terbit di penerbit mayor.

Blog Tips membukukan tulisan
Membukukan buku merupakan impian bagi seorang penulis. Pak Brian berbagi tips membukukan tulisan yang berasal dari blog
Tipsnya silakan dibuka di blog saya:
https://www.praszetyawan.com/2020/06/membukukan-tulisan-di-blog.html
Tanya Jawab
Pertanyaan
Saya bu. Titin Sumartini dari Subang
1.Mengapa kita harus pilih salahsatu blogspot atau wordpress, mengapa tidak boleh keduanya?
2.Karena saya baru jg di dunia blogger, yg di maksud tampilan lama dan baru itu seperti apa?
3.Menjadi seorang blogger yg sukses butuh brp lama, hingga dpt menghasilkan rupiah
Terimakasih
Jawab
 1. Oh tentu saja boleh kalau mau coba pakai keduanya. Justru itu menjadi jawaban terbaik dibalik pertanyaan blogger vs wordpress. Usahakan tetap konsisten jika mau mengelola kedua blog itu
2. tampilan lama dan baru itu terkait tombol-tombol/simbol-simbol pada fitur blogger yang berubah
3. tidak ada ukuran yang pasti. Tergantung masing-masing individu dan ilmu yang didapatnya
 jujur saja saya sendiri tidak terlalu memperdalam ilmu cara menghasilkan uang dari memasang iklan di blog




Dari Aidil Fitriani Tenggarong Kutai Kartanegara
Ass wr wb
Selamat Malam Pak Brian ..untuk pemula yang masih belajar ..apakah harus untuk menentukan sebuah tema dalam penerbitan buku ? Terimakasih
Jawab
karena jika tidak dilandasi tema, pembaca akan bingung. Apa yang ingin disampaikan dari buku tersebut
Pertanyaan
Assalamualaikum ijin bertanya pak.saya Eti Haryati dari Bogor
Saya baru belajar membuat Blog dikelas ini.jadi masih awam sekali tentang blog.sehingga ketika ingin membuat resume pada akhir kuliah ini selalu terhambat, inginnya membuat resume seperti yg lain lebih bagus,tetapi apadaya ketika belajar memuat Vidio di blog tak kunjung bisa.berusaha browsing tetapi memakan waktu lama akhirnya resume tidak selesai.mohon bagaimana caranya supaya saya bisa selalu tetap menulis d blog.karena kalo sudah ketinggalan seperti itu terus terang saya suka dibiarkan tidak dilanjutkan. Terimakasih
Jawab
Menurut saya perlu tema/topik utama dalam sebuah buku karena itu yang akan menjadi pedoman menyusun buku. Jika ada kesulitan teknis seperti itu silakan japri saya bu. Saya ingin peserta grup ini tidak terhambat dalam menulis di blog
tips dari saya: setidaknya ibu memposting tulisan dahulu. Pernak-pernik seperti gambar dan video bisa ditambahkan di lain waktu  karena tulisan yang sudah dipublish, bisa di edit lagi
Pertanyaan 
M. H. Pahdi dr Banjarmasin Gel. 12
Bagaimana cara yg cepat agar Blog kita dapat ditemukan di pencarian google?
Jawaban
ada beberapa tips:
1. buatlah tulisan yang masih jarang di posting oleh web/blog lain.
2. Mendaftarkan blog ke google webmaster. Ini teknik blog yang lumayan perlu waktu untuk memahaminya. Tapi jika sudah bisa, sangat ampuh langsung memunculkan blog kita di halaman pertama google Di lain waktu saya akan membuat videonya
pertanyaan 
Selamat malam pak Brian
Perkenalkan Saya Santi dari Jayapura
Saya salut dengan cara Bapak menyajikan materi  Tertata dan sistematis. Terlihat bahwa Pak Brian menguasi dunia yg sedang dijalani. Yg saya mau tanyakan 
1.Bapak kan sudah banyak pengalaman ngeblok dan menulis juga menerbitkan buku. Tapi kok masih bergabung juga di group belajar menulis bersama OmJay, apakah karena Bapak pengurus PGRI atau karena apa? Mohon dimaafkan jika pertanyaannya tidak berkenan. Karena dalam group Om Jay ini anggota nya buanyaaaak sekali pakar pakar dalam dunia tulis menulis.
Saya jadi minder
2. Bagaiman bapak mengelolan kelas di tempat bapak mengajar apakah siswanya juga belajar dengan blog saat PJJ masa Covid 19?
Terimakasih. Pak Guru Brian sang Guru Penggerak masa kini.
Sukses untuk Pak Guru Brian.
Jawab
Dari Edi Harsanto di Sukoharjo.
Pertanyaan:
sepertinya pembelajaran yg akan datang tetep masih daring kecuali di zona hijau....efektif mana dalam pembelajaran yg materinya tertuang di blogger ..misal di blogspot...dng yg lain misal d google classroom. .edmodo.. schology.dll..?? .maaf jika pertanyaan saya salah..🙏
Jawab
 1. Saya ikut grup menulis ini karena memang saya masih belum pernah ikut grup nulis manapun. Saya menulis berdasarkan yang ada dipikiran saya saja. Saya perlu ilmu-ilmu teknik menulis yang memberi saya pencerahan.
2. iya tentu saja siswa saya belajar lewat blog yang saya buat. alamatnya: www.bahastematiksd.blogspot.com
Jangan minder bu. Yang penting tetap menulis
pertanyaan 
Assalamualaikum bapak ibu narasumber saya atas nama Edi Syahputra.H dari Aceh, sudah menerbitkan buku dua buah, tapi penerbit nya penerbit indie. Apakah bisa kita menerbitkan buku setahun dua buku atau lebih.
Jawab.
Iya tentu saja bisa pak menerbitkan sejumlah buku dalam setahun. JIka memang sudah memiliki naskah yang siap diterbitkan. Yang tidak boleh adalah mengirim satu naskah yang sama ke dua penerbit yang berbeda
Pertanyaan
Selamat malam pak brian..terimakasih ilmunya.saya sumarjiyati dr GK.
Saya mengenal blog baru setelah mngikuti pekatihan menulis ini.dan isi blog saya nadih campur aduk.mulai dari resume kgiatan kuliah menulis,tentang mkaban ttng kejadian2 yang saya alami selama ini. Yg mau saya tanyakan. Bgmna cara memasukan/mengisi blog kita dengan administrasi pembelajaran agar temen2 dpt mengakses administrasi di blog kita misal rpp dll.slma ini blm pernh mncoba mngisi dg file yg berbentuk kolom2.misal kisi2 soal.atau pngolahan nilai. Terimakasih.
Jawab
intinya upload dulu file administrasi ke google drive. Lalu pasang file di google drive ke blog
https://youtu.be/3JXAjIPmsQ4
Solusinya dengan memposting file microsoft word/excel administrasi tersebut. Caranya bisa lihat video ini:
https://www.youtube.com/watch?v=3JXAjIPmsQ4
Pertanyaan  :  
Nama : Sri Budiarti 
Dari bantul,  jogjakarta 
Gelombang : 12
Mengapa Pak Brian lebih memilih ngeblog di blogger,  apa yang membuat Bp betah ngeblog di blogger. com dari sejak tahun 2009 hingga sekarang
Jawab
Nah kebetulan memang pertama kali saya diperkenalkan teman saya dengan blog blogger. 
Yang membuat betah itu karena saya sudah terbiasa menggunakan fitur di blogger. Memang ada orang yang awalnya pakai blogger lalu pindah pakai wordpress. Tapi saya masih kaku memahami dan menggunakan fitur yang ada di wordpress
Pertanyaan
Assalamualaikum
Sy Noorlanyati,  dr Semarang, gel 11.
Terima kasih ilmunya pak.  Sy mau tanya, 
1. Bagaimana memotivasi diri agar bisa menulis setiap hari.  Td dikatakan, sdh siap di dpn laptop tp ide gak muncul.  Padahal keinginan untuk menulis ada, tp gak tahu apa yg mau ditulis. 
2. Misal kita punya tulisan di blog yg tdk ada nichenya, lalu kita mau membukukan. Apakah harus  1 buku 1 niche? Bolehkah 1 buku isinya bbrp niche?  Terima kasih
Jawab
1. Kalau saya motivasinya dilandasi target yang harus dipenuhi. Targetnya adalah blog harus update. Jika target sudah terpenuhi maka kita akan puas/senang. Dan kembali semangat untuk ngeblog lagi di kemudian hari. Terkait ide, tadi saya sudah jelaskan
2. boleh 1 buku beberapa niche, tapi niche2 tersebut masih memiliki kesamaan
 misalnya niche best practice, opini pendidikan, aktivitasi sekolah, itu semua masih memiliki persamaan yaitu pendidikan
Pertanyaan
Assalamualaikum, ijin bertanya  Bapa 
Saya Kartini dari SLBN Bekasi Jaya
Apakah sebuah blog itu ada masa berlakunya? Maksudnya jika kita tidak membukanya atau menuliskan sesuatu disana dalam kurun waktu yg lama apakah akan hilang atau tetap masih bisa digunakan?
Jawab
blog tidak ada masa berlakunya. Misalnya Blog dari 2008 dan sudah ditinggalkan pemiliknya pun masih ada di google. Tapi yang sering terjadi adalah, pemilik blog lupa email/password akun blognya sehingga blog tidak bisa dipakai. Sangat disayangkan blog terlantar begitu saja
Pertanyaan
Selamat malam, terimakasih pak Brian atas motivasi dan inspirasi nya,, perkenalkan saya Sahat Serasi Naibaho dari Sumatera Utara mau menanyakan ttg:
1. Penjelasan lebih jauh tentang Google adsense pak karena saya masih baru mendengar nya
2. Bagaimana supaya blog kita banyak dikunjungi orang pak, 
Jawaban 
entah harus berapa tahun itu menunggunya
2. agar blog dikunjungi banyak orang:
- share link blog ke medsos
- bergabung dengan grup blogger, sehingga kita bisa share tulisan kita di grup itu. Contoh grup blogger: Warung Blogger
- membuat tulisan tips/how to yang banyak dicari orang
1. oke saya sharing hal seputar google adsense yang saya tahu. Google adsense akan membayar kita jika ada orang yang mengklik iklan yang ada di blog kita. Jika tidak ada yang mengklik iklan, ada perhitungan kita dibayar berdasarkan seberapa banyak iklan kita dilihat pengunjung. Tapi di awal, bayarannya kecil sekali. Masih jauh lebih mahal parkir motor (Rp 2000) hehe. Dan pencairannya menunggu sampai kita dapat 100 dollar.
Bgm cara pak brian mengatasi kesulitan kesulitan dalam menulis?
Jawab
Saya memiliki kesulitan tersendiri yaitu menyelesaikan tulisan yang sudah saya mulai. Banyak postingan blog saya yang masih numpuk di draft blog. 
Kalau saya mengatasinya dengan menentukan waktu menulis yang nyaman. Saya tentukan bahwa sabtu pagi adalah waktu yang paling pas untuk saya fokus menulis
Kesimpulannya
Menulis di blog bisa menjadi modal awal untuk membuat kumpulan tulisan kita menjadi buku. Jangan sampai kesulitan dalam ngeblog membuat kita menyerah menulis. ita beruntung tergabung dengan grup ini sehingga bisa saling membantu dan mendukung, 
Menulislah dengan lepas tanpa beban bahwa apakah tulisan kita sudah bagus atau belum, akan banyak yang baca atau tidak.

"Hal biasa menurut kita bisa dianggap luar biasa bahkan menginspirasi orang lain. Maka menulislah!"



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.