FILOSOFI KUPU-KUPU

FILOSOFI KUPU-KUPU  

Hari ini, senin 15 Juni 2020, Alhamdulillah rutinitas saya pagi ini berjalan seperti biasa. Siap-siap berangkat sekolah. Pemerintah  Kota Mataram sudah memutuskan,  sekolah mulai beroperasi  tanggal 4 Juni 2020. Namun untuk kegiatan pembelajaran masih dari rumah. Kepala Sekolah, guru dan,  pegawai masuk seperti biasa.
Pagi ini pukul 09.00 rapat kenaikan kelas untuk kelas VII dan VIII. Rapat dipimpin oleh kepala sekolah dan dibantu oleh kurikulum.
Pengarahan dan evaluasi kepala sekolah tentang pembelajaran selama COVID 19. Tak lupa kepala sekolah memberi semangat kepada bapak/ibu guru untuk  meningkatkan  kualitas diri. Ini dimasksud untuk menyesuaikan diri dengan pembelajaran yang berlangsung dari rumah. Kemampuan penggunaan IT seperti Zoom, wibinar atau yang lainnya. Begitu juga perlu mengevaluasi kendala siswa untuk  menyampaikan tugas.
Selanjutnya kepala sekolah mengatakan, bahwa anak-anak sekarang merupakan siswa korban mewabahnya Covid 19. Sehingga  imun perlu dijaga, dan berusaha membuat mereka bahagia. 
Giliran kurikulum menyampaikan  kriteria kenaikan kelas. Wali kelas memaparkan kondisi kelas binaan masing-masing. Selanjutkan melakukan diskusi kondisi siswa berdasarkan kriteria kenaikan kelas. Diakhir diskusi setelah  menemukan kata sepakat, kepala sekolah menetapkan  hasil keputusan kenaikan kelas dan  mengetuk palu (meja ...) menandakan syah. 
suasana rapat

Kepala sekolah memberi pengarahan
Rapat berakhir pukul 11.00 Wita. Bapak/ ibu guru wali kelas menindaklanjuti hasil rapat. Setelah pukul 12.00 satu persatu bapak/ibu guru  meninggalkan sekolah.
Saya beserta beberapa orang teman guru masih diskusi, setelah azan kami baru beranjak pulang. Memang selama covid 19,  jam pulang tidak seketat  sebelum wabah covid 19.
Sesampai dirumah, saya melihat gambar yang dibuat suami...woooo sudah berubah warna. Tidak lagi warna orange. Inilah penampakannya.

Berpose dulu sebelum pelantikan PPS di KPU
Seperti saya ceritakan sebelumnya, warna dasar lukisannya awalnya putih sudah diubah menjadi orange. Alasanya konsep sore hari. Namun kami minta diganti menjadi konsepnya pagi menjelang siang... supaya kami tetap semangat dan selalu suasana cerah dan ceria. Selain itu kami minta digambarkan kupu-kupu. Kenapa kupu-kupu? karena kami mengharapkan semua yang kami makan bersumber dari  makanan yang baik dan halal. Selalu merubah diri kearah yang lebih baik. Juga  dapat  bermanfaat bagi yang lainnya seperti madu yang dihasilkan kupu-kupu.
Setelah solat dzohor saya mendapat telepon dari ibu RT, beliau mengabarkan jika ibu dari bpk Burhanudin tetangga kami meninggal dunia dan jenazah di bawa pulang ke bima. Sayapun segera mengabarkan suami, yang baru saja merebahkan diri. Karena suami akan dilantik jam 4 sore, maka kami sepakat berangkat pukul 14.00 wita. 
Kami melayat  bertujuh sebagai perwakilan RT. Tidak lama kami di rumah duka kami pamit pulang.  pukul 15.30 kami sampai rumah. Suami solat ashar lalu berangkat ke KPU.
Ya Allah sudah tiga orang keluarga /kerabat  rt 02 meninggal dunia di bulan Juni ini. Kami hanya bisa mengiringi  doa

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لها وَارْحَمْها وَعَافِها وَاعْفُ عَنْها وَأَكْرِمْ نُزُلَها وَوَسِّعْ مُدْخَلَها وَاغْسِلْها بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّها مِنْ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنْ 

الدَّنَسِ وَأَبْدِلْها دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِها وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِها وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِها وَأَدْخِلْها الْجَنَّةَ وَأَعِذْها مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ
“Allahummaghfir lahaa warhamhaa wa ‘asfihaa wa fu’anhaa wakrim nudzulahaa wawasi’ mudholahaa wagsilhaa bilmaai watsalji wal barodi wanaqqohaa min khotooyaa kamaa naqoitats tsaubal abyado minad danasi wabdilhaa  daarol khoiron min daarihaa eaahlan khoiron min ahlihaa  wajaudzan khoiron nin jaudzihaa  waadhilnaj jannata wa a’idzhaa min adzaabil qobrii au min adzabin naar”

“Ya Allah! Ampunilah dia, berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia, maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), pasangan yang lebih baik daripada pasangannya (di dunia), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.