SUKSES MENULIS DENGAN 4R


RESUME: "TERBITKAN BUKU, CATATKAN SEJARAH "OLEH FARRAH DINA
Pertemuan 3 gelombang 10
Hari / tanggal  : Rabu .6 Mei 2020
Nara Sumber   : lbu Farrah Dina , M.Sc
Materi              :’ Terbitkan buku, catatkan sejarah”
Peresume         : Fitran Sari (fitransari67@gmail.com)
SUKSES MENULIS DENGAN 4R
Oleh: Fitran Sari
Pemateri pada pertemuan ke- 3 yaitu bu Farrah Dina dengan tema  “Terbitkan Buku, Catatkan Sejarah”: Menulis dengan 4R dan sebagai moderator Om Jay. Ibu Farrah Dina seorang penulis muda dan memfokuskan diri menulis buku  untuk anak-anak. Bu Farrah memiliki alasan mengapa memilih menulis buku khusus untuk anak-anak. Menurut beliau buku anak-anak masih kurang yang berkualitas, jika menginginkan buku yang berkualitas,  maka  harus di infor dengan harga yang mahal, namun buku infor jika diterjemahkan masih ada konteks yang kurang tepat.  Sejak kuliah  di IPB Bu Farrah termasuk mahasiswa  berprestasi hingga menjadi wisudawati lulusan  terbaik. Selain sebagai penulis bu Farrah juga  pendiri  Yayasan Tangga Edu bergerak di bidang pendidikan. 
Untuk lebih mengenal Bu Farrah dapat membaca Biodata  disamping.
Bu Farrah mengawali pertemuan dengan meminta peserta  menonton vedio melalui tautan link yang diberikan, setelah  penayangan  vedio berakhir dilanjutkan dengan  sesi tanya jawab.
Materi pada tayangan vedio
Bu Farrah mengawali pemaparan dengan memperkenal diri dan alasan mengangkat tema "Terbitkan Buku, Catatkan Sejarah". Adapun alasan bu Farrah mengakat tema tersebut adalah dengan mengutif pendapat  Decrates seorang filosof. Decrates  mengatakan bahwa: “membaca buku sama saja untuk  berbicara dengan orang-orang bijak dimasa lalu". Dan pastinya setiap manusia ingin di kenal dalam sejarah.
Lebih lanjut bu Farrah menjelaskan salah satu cara agar dikenal sejarah adalah dengan menulis dan menerbitkannya. Menerbitkan buku merupakan salah satu cara mengungkapkan perasaan  hingga abadi sepanjang masa. Menerbitkan buku sekarang lebih mudah , namun menerbitkan pada penerbit yang besar hanya bisa dilakukan oleh penulis yang memiliki  karya yang baik. Akan tetapi  menerbitkan buku jangan dijadikan  sebagai awal/tujuan/ rencana tapi jadikan sebagai tantangan. Hal yang lebih penting bagaimana menulis dan menuangkan  pikiran, karena akan diingat sepanjang masa. Perlu diingat “Orang yang memendam akan kalah dengan orang mengungkapkan orang yang menunggu akan kalah dengan orang yang melakukan”.
Selanjutnya bu Farrah  memberi kiat-kiat dalam menulis.  untuk   memperoleh sebuah tulisan yang bagus maka dikemas dalam bentuk 4 R ( Renjana, Rutin, Review, Ruang pembaca)
Apa itu   4R?
1.      Renjana (passion)
      Renjana (passion) yaitu sesuatu yang sangat menarik bagi kita, sesuatu yang menjadi pemikiran kita, sesuatu yang menjadi hal-hal jika kita melakukana terasa mudah dan menyenangkan. Maka  mulailah  menulis sesuatu sesuai dengan renjana  karena jika sesuatu sudah dikuasai maka kata-kata akan mengalir dengan mudah.  Contoh apabila suka nonton maka review film, bila suka membaca maka review buku dan lainnya.
Dalam menulis ada yang berhasil dan ada pula yang gagal. Bila ada yang gagal dalam menulis, maka apa yang ditulis tidak sesuai dengan renjana.
2.     Rutin
     Rutin bukan hanya rutin menulis tapi lebih penting  rutin membaca. dengan membaca akan menjadi sesuatu yang otomatis teframe, apa yang dilihat dan dialami akan menjadi sebuah bahan bacaan, sehingga termotivasi untuk menulis.  Ketika  membaca, ide-ide dikeluarkan dalam bentuk tulisan. Kosa kata dalam membaca berkaitan dengan kosa kata menulis. Membaca  kecenderungan untuk membuat tulisan dalam bentuk  yang lain. Maka menulislah  secara rutin dimana saja dan kapan saja. Selain itu  catat kejadian dengan cara menulis di catatan kecil  atau merekam detail atau garis besarnya, supaya mudah diingat jika akan menulis dengan jarak waktu yang lama (untuk menghindari lupa). Penulis hebat selalu memiliki waktu  dan tempat khusus untuk menulis, sehingga terframe dalam otaknya.  jika mereka berada diwaktu dan tempat yang sama maka itulah waktu untuk menuangkan tulisannya.
3.     Review .
   Pada saat menulis tidak perlu dibaca, tulis saja apa yang dipikiran. Setelah selesai menulis baru direview. mmisalnya mententukan tokoh, detail, alur berfikir dan lainya. Kegiatan review merupakan kegiatan yang paling lama dalam menulis. Review bukan hanya dilakukan oleh diri sendiri akan tetapi minta orang lain  untuk mereview.
4.      Ruang pembaca
       Memberi ruang untuk pembaca. Tujuannya  untuk  mereview buku yang ditulis.
Misalnya buku anak-anak maka  pembaca yang dituju  adalah anak-anak. Bukan hanya komentar positif yang diharapkan namun umpan balik negative dari hasil bacaan yang diharapkan. Mengapa penting ruang pembaca? Karena penulis tidak akan berarti jika tidak ada pembaca. Dari  pembaca kita dapat mengetahui kekurangan tulisan yang dibuat. Oleh sebab itu maka share tulisan lewat media social, minta anak, teman untuk membaca.  Ketika ada orang lain yang membaca  karya kita, maka  akan meningkatkan motivasi

Setelah Pemaparan berakhir maka dilanjutkan sesi tanya jawab. Dibawah ini saya sajikan      pertanyaan dan jawab lengkap dari peserta dan pemateri.
Pertanyaan pertama
Apakah kita harus melalui tahapan 4r itu agar buku yg diterbitkan berkualitas?
Nani
Bogor jawa barat
Jawaban
Bu nani yang bersemangat, tidak selalu seperti itu. Ini dirangkum dr pengalaman2 penulis yg hebat yg sudah menerbitkan banyak buku dan disukai. Mereka akan menulis yg betul2 sesuai dgn renjananya lalu terbiasa menulis (rutin). Pada awal menulis buku, jangan kita dipusingkan dengan editing & lain2nya yg nanti justru akan menghambat jadinya sebuah naskah. Tapi setelah itu, baru dilakukan review berulang (dan ini proses panjang). Seringkali bahkan naskah final sangat berbeda dr naskah awalnya... Kekuatannya di review ini. Untuk ruang pembaca, tujuan kita menulis adalah untuk dibaca jadi perlu mendengar masukan dari pembaca juga.... Tapi jangan sampai kita juga hanyut menulis hanya untuk memenuhi kebutuhan pembaca, nanti tidak timbul kebahagiaan. Selamat terus menulis...
Pertanyaan kedua
Ini bu beni bojonegoro, tanya bagaimana teknis / langkah mengubah tulisan dr best practice menjadi tulisan populer?  Terima kasih.
Jawaban
Ibu beni dari bojonegore yang saya hormati, pertanyaan yang sangat menarik. Banyak buku-buku yang sekarang best seller adalah buku2 ilmiah tapi disajikannya dalam bentuk populer tidak penuh dengan data-data yang memusingkan. Sebaiknya ibu membaca contoh buku2 populer yang berdasarkan pendekatan ilmiah... Dari buku-buku ini yang saya perhatikan mereka akan membahas "permasalahan" lalu "jawabannya" dgn sedikit2 memasukkan teori2 pendukung. Jadi yang dibahas bukan teroinya, ada unsur emosi kuat yang dibangun sehingga ada konektivitas dengan pembaca.
Beberapa contoh buku ilmiah dibuat populer (maaf yang terbayang saat ini buku2 terjemahan), seperti: good to great (penelitian dari 500 perusahaan sukses dunia, the miracle of endorphin (pendekatan psikologis untuk metode pengobatan), the leader in me (praktik-praktik di sekolah yang menerapkan 7 habit). Bagaimana menampilkan "voice" pada buku populer atau membangun emosi, misalnya dengan memasukkan isi wawancara, atau data-data non formal yg lebih hidup.
Pertanyaan ketiga
Assalamualaikum. Saya siti fatimah dari mojokerto.
Sebagai pemula saya masih bingung menentukan passion saya dimana. Bagaimana kita mengetahui passion kita dengan mudah.
Jawab
Wa’alaikum slm wr wb..
Ibu fatimah, tidak sedikit orang yang merasakan hal yang sama dengan ibu. Memang ada orng-orang yang dari awal sudah tau apa bidang menulis yang akan digelutinya dan ada juga yang butuh waktu. Cara paling ampuh adalah dengan terus menulis, nanti akan kelihatan kecenderungan kita. Bahkan, dengan mengumpulkan bank tokoh, situasi, pengalaman ke dalam bentuk rekaman/tulisan pun nanti akan terlihat apa yang menjadi renjana kita. Kita bisa lihat dari bank yang sudah kita kupulkan, apa sih yang menarik untuk kita yang mendorong kita untuk mengungkapkannya…
Pertanyaan keempat
Assalamualaikum, saya warsih dari kota tangerang. Mau menanyakan tentang pembuatan buku anak-anak. Misalnya kita menulis berdasarkan apa yang kita lihat, kemudian kita tambahkan dengan khayalan dan imajinasi kita boleh tidak. Jadi tidak pyur fiksi. Nah yang sperti itu termasuk kategori buku apa bu. Trimakasih
Jawab
Wa alaikum slm wr wb....
Ibu asih pecinta buku anak, boleh sekali memasukkan imajinasi ke dalam buku anak. Justru imajinasi itu kekuatan dari buku anak. Seperti binatang berbicara, anak pergi ke ruang angkasa, berteman dengan robot, itu adalah imajinasi.  Yang tidak boleh adalah takhayul dan imajinasi yang mengandung kekekrasan. Saya pribadi keberatan dengan anak durhaka menjadi batu, siasat membuh raksasa seperti dalam legenda asa…
Pertanyaan kelima
Assalamualaikum... Saya ika siswati dari kota tangerang mau bertanya apa yang ibu  lakukan sehingga dapat  menemukan passion ibu yaitu menulis buku anak?
Jawab
Wa alaikum slm wr wb... Saya menemukan renjana saya berawal dari pendidikan sy di amerika & jepang yang di mana mereka sangat serius memikirkan buku anak. Tidak halnya di indonesia. Sebenarnya ini juga berawal dari kebutuhan, saat di jepang anak saya masih tk dan akan kembali ke indonesia masuk sd. Jadi saya harus mengajarkan membaca. Sy minta dikirimkan buku2 dari indonesia tapi saya tidak puas. Lalu saya menulis buku sendiri dan ternyata itu menyenangkan buat saya dan saya merasa bisa memberi solusi pada permaslaahan yang ada.
Selanjutnya saya juga melakukan penelitian di bidang memba…
Pertanyaan keenam
Pertanyaan buat bu farrah
Ibu masih muda sekali...dan tentunya bersemangat, apa yang melatarbelakangi ibu mendirikan tangga edu dan juga bisa menjadi penulis
Terima kasih
Rachmi banyuwangi

Jawaban
Ibu rachmi yang juga pastinya bersemangat, jawabannya sama dengan pertanyaan kelima ya bu.... Yang menjadi motivasi sy adalah bagaimana memberi manfaat sebesar mungkin untuk negri indonesia tercinta ini... Sama dengan bapak & ibu semua...
 pertanyaan ketujuh
Slmt siang ibu farrah, bagaimana memanage 4 r ini agar menjadi sebuah kesatuan utuh untuk saling melengkapi dalam menulis? Yulius roma-tana toraja. Tks

Jawaban
Pak yulius dari toraja, lakukan... Itu kunci utamanya pak... Dengan melakukan maka saya yakin bapak akan menemukan polanya tersendiri. Yang perlu diingat adalah di awal, tulis dulu apa yang mudah untuk kita, tapi perlu dipaksakan juga agar menjadi rutinitas. Dengan begitu kita akan sangat terbiasa.... Saat ingin dipublish ke orang lain, maka perlu dilakukan review berulang-ulang. Jangan lakukan review saat menulis di awal, karena nanti tidak akan jadi karya krn kita berkutat dengan banyak hal. Selamat menulis
 pertanyaan kedelapan
Assalamualaikum bu dina,,, saya candra dr langkat sumatera utara...trmksh formula 4r..sngat mmbntu untuk sy sbgai yg br bljr untuk mnulis...prtnyaan saya bu...mnrut ibu apakah seorang penulis harus fokus pada satu passion atau genre tulisan agar tulisannya btul2 baik...dan mmg ada tdk pngruh taste/rasa tulisan seseorang yang suka mngrjkn dua tulisan(fiksi dn non fiksi) secara bersamaan? Trmksh bu.
Jawab
Wa alaikum slm wr wb...
Pak candra dari langkat yang bersemangat menulis, ini menarik sekali untuk didiskusikan... Sebagai awal, tulis dulu sesuatu yang mudah bagi kita, yang sesuai dengan renjana kita, yang kita senang saat menuliskannya. Ini gunanya untuk memberi reward terhadap diri sendiri. Dengan jadinya naskah yang kita sukai, itu ak…
 pertanyaan kesembilan
Nama : munandar, kabupaten sumba timur
Yth. Ibu farrah, bagaimana cara awal untuk mengetahui passion seseorang?
Terimakasih
"jwaban"
Pak munandar dari sumba, jawabannya sama dengan pertanyaan no. 3 ya pak.... (silahkan dilihat). Kalaupun belum mengetahui pasiion nya saat ini, yang penting adalah menuliskan sesuatu yang betul2 kita merasa menikmati dalam menuliskannya...
Pertanyaan kesepuluh
Assalamualaikum ibuk farrah dina
,perkenalkan sy syukri dari sman unggul dharmaraya padang,
Perkenankan saya bertanya ttg pengalaman ibuk farrah dalam tulis menulis ibu mengatakan ada 4 r, salah satunya adalah renjana, saya kurang pahan dari bahasa apa itu renjana dan mengapa ibuk letakkan di poin paling atas, sekian wasalam

Jawaban
Pak syukri, renjana adalah passion, ketertarikan kita pada satu hal yang kita akan mengerahkan energi kita untuk itu dengan senang hati. Menulis sesuatu yang sesuai dengan renjana kita, itu akan menjadi kekuatan di awal. Manusia memerlukan reward langsung. Saat kita menulis sesuatu yang sesuai dengan minat kita, maka kita akan menikmatinya & hasilnya pun akan cepat jadi. Hasil tulisan yang jadi ini menj…
Pertanyaan kesebelas
Mat sore bu farrah, bagaimana caranya agar dapat menerima tanggapan pembaca yang negatif pada tahap ruang bagi pembaca?  Bagaimana tips mengubah penulisan ilmiah menjadi penulisan populer? Benny belang. Kupang-ntt.
Jawaban
Pak benny dari ntt, menerima tanggapan negatif memang tidak mudah. Jangan sampai juga itu medemotivasi kita dan menghilangkan jati diri kita. Saat kita mendengar tanggapan pembaca, yang perlu kita tahu sebenarnya adalah penangkapan pembaca terhadap hasil tulisan kita. Apakah sama seperti apa yang ingin kita sampaikan? Jika berbeda, apa yang berbeda (tentu perlu ada ruang imajinasi yang berbeda antara pembaca dan penulis). Kemudian "keseluruhan" atau "detail" apa yang tidak disuka. Kalau tidak suka karena selera yang …
Belajar menulis: pertanyaan keduabelas
Assalaamu'alaikum bu farah...td ibu menjelaskan tahapan menulis 4r. Yg pertama renjana (passion). Pertanyaan saya kalau saya merasa renjana (passion)  sy membuat buku pelajan fisika. Apakah berarti sebaiknya saya menulis buku pelajaran fisika sj? Krn sy kalau mencoba menulis buku fisika terasa lebih ringan dibanding mencoba menulis  artikel dll. Sri indayani sman 1 paciran

Jawaban
Bu sri sang fisikawan, untuk tahap pertama maka sebaiknya ibu pilih buku fisika. Ini untuk menciptakan reward bagi diri kita di awal agar kita terus termotivasi untuk menulis. Namun setelah itu lebarkanlah sayap... Coba buat artikel lain yang tetap mengaitkan dengan fisika (ilmiah menjadi populer) dan berkreasilah dengan genre2 lain... Sebagai tambahan, dapat dibaca pada jawaban pertanyaan kedelapan.
Pertanyaan ketigabelas
Assalamualaikum bu fara..saya belum pernah menulis buku namun saya sering melakukan penelitian dan ada beberapa yang saya publikasikan. Pertanyaan  bagaimana cara mudah menulis buku sebagai pemula seperti saya karena bebrapa kali saya coba selalu gagal. Terima atas pencerahanx.
Fitran  _mataram

Wa alaikum slaam wr wb... Bu fitran yang suka meneliti, mulai saja dulu (seperti iklan di tv yaa...). Ini yang paling penting. Jika memang tertarik dengan penelitian, coba ambil salah satu sudut dari penelitiannya untuk dijadikan artikel (bukan keseluruhan penelitian). Ambil sisi yang dapat dibangun konektivitasnya pada pembaca secara umum
 pertanyaan keempatbelas
Saya m. Rasyid nur dari karimun
Pertanyaan:
Sebelum menentukan r(uang) pembaca apakah kita perlu meneliti atau survey untuk calon pembaca buku kita. Lalu, bagaimana sebaiknya jika kita berharap pembacanya tidak terlalu spesifik?
Jawab
Pak rasyid, pada tahap awal kita menulis maka sebaiknya kita menulis untuk tujuan diri kita. Apa yang ingin kita sampaikan. Agar keluar jati diri kita sambil kita melihat yang cocok dengan tulisan kita itu pembaca yang bagaimana. Baru kemudian kita berkembang, mulai menulis berdasrkan "pesanan" artinya kita tentukan dulu sasaran pembacanya. Misalnya menulis untuk remaja maka ada bahasa2 yang perlu disesuaikan, maka kita menulis dengan "frame" pembaca di kepala kita... Nanti kita minta pendapat dari pembaca yang dituju sesuai sasaran.
Belajar menulis: pertanyaan kelimabelas
Salam sejahtera ibu farah
Menulis buku anak itu tentu untuk membangkitkan minat maka perlu gambar. Apakah ibu   menggambar sendiri atau menggunakan jasa? Atau adakah cara lain mendapatkan gambar.
Buku anak bagi saya itu suatu kesulitan. Saya sudah mencobanya. Terbentur pada gambar, termasuk bila harus meminta izin.
Terima kasih bila ada tips yang berbeda.
Salam literasi dari timor  (roni bani)

Salam bapak roni, saya membuat buku anak dengan desai berjenjang di awal. Mulai dr pembaca pemula yang hrs penuh dengan gambar. Untuk ini tentu saya bekerja sama dengan ilustrator. Byk komunitas2 ilustrator saat ini, termasuk di medsos. Tapi pada jenjang yang lebih tinggi, buku anak akan lebih sedikit gambarnya bahkan tidak bergambar (novel anak)…
Pertanyaan keenambelas
Salam sehat ibu farrah
Ini adalah hari ke-8 saya mengikuti pelatihan menulis. Kiat2 untuk menulis diantaranya menulis setiap hari, apa saja yg terlintas akan saya tulis. Jenis tulisan sya masih bersift bebas dg kata2 yg mengalir begitu saja di dlm otak saya tulis. Yg ingin sy tanyakn bgmn cara menulis secara ilmiah  seperti ptk, best practice dengan baik
Elly mahayani - jembrana bali

Jawab
Salam ibu elly, selamat... Dengan ibu sudah rutin menulis maka ibu sudah memulai... Nanti dari kumpulan tulis itu, pilih beberapa yang ingin direview dengan serius hingga menjadi tulisan yang siap p ublikasi... Untuk tulisan ilmiah ke populer, ada ji jawaban no. 2
Pertanyaam ketujuhbelas
Deni di cimahi
Ijin bertanya.  Ada yang bilang menulis buku anak itu lebih menantang atau sulit.  Terutama bahasa yang digunakan musti sesuai dengan bahasa dunia anak. Bagaimana kiatnya?
Jawab
Sulit atau tidak sangat relatif. Tapi mungkin karena kita terbiasa dengan bahsa dewasa. Kuncinya adalah sering mendengarkan anak berbicara & memberikan buku kita pada anak agar kita tahu responnya... Kemudian bisa kita evaluasi. Saat menulis untuk dewasa, apa yang kita tuliskan akan ditangkap sama oleh pembaca. Tidak demikian dengan anak, hal sederhana saja bisa dipersepsikan berbeda, tidak sama dengan apa yang kita maksud.
Pertanyaan kedelapanbelas
Assalamualaikum ibu farah ,
Sesuai materi tadi  bahwa pembaca itu sangat dibutuhkan oleh penulis. Bagaimana cara menjadikan pd pada diri sendiri untuk tidak malu tulisannya dibaca orang lain
Saya sering menulis, tapi selesai menulis saya simpen. Pernah saya menulis di blog dulu uuu sekali ( baru ttg rpp dan pembelajaran sih, sedikit) tapi  kok temen aku langsung copas semuanya dan dijadikan administrasi nya dan dijadikan atas namanya untuk mendapatkan ttd pimpinannya. Padahal saya nulis itu mikir setengah mati.
Dari situ saya jadi males share lagi.
Mungkin pikiran itu salah. Mohon pencerahannya. Terimakasih
Santi~ jayapura
Wa alaikum slm wr wb.
Ibu santi, saat tulisan dipublikasikan maka hak penulis terhadap interpretasi terhada…
Pertanyaan kesembilanbelas

Saya sri budi handayani dari gresik

Mau bertanya tentang proses kreatif mbak farrah menulis buku anak , berikan contohnya,

Terima kasih.

Jawaban
Bu sri, karena saya menulis buku berjenjang maka banyak pakem yang harus sy perhatikan. Biasanya saya memulai dr sesuatu value yang ingin saya kenalkan pada anak tapi tidak dengan cara doktrin tapi tertangkap. Agar dapat byk ide, maka saya byk menonton film anak, bergaul dengan anak2 & membaca buku2 anak. Contohnya buku "sihdeh & robot" yang intinya mengenalkan cara menenangkan diri dengan menarik napas panjang. Kecenderungan anak laki-laki agak sulit untuk menenangkan diri saat marah, maka diambillah tokoh robot agar relate dengan anak laki. Setelah itu dibuat prosesnya, termasuk memb…
Pertanyaan kedelapanbelas
Assalamualaikum ibu farah ,
Sesuai materi tadi  bahwa pembaca itu sangat dibutuhkan oleh penulis. Bagaimana cara menjadikan pd pada diri sendiri untuk tidak malu tulisannya dibaca orang lain
Saya sering menulis, tapi selesai menulis saya simpen. Pernah saya menulis di blog dulu uuu sekali ( baru ttg rpp dan pembelajaran sih, sedikit) tapi  kok temen aku langsung copas semuanya dan dijadikan administrasi nya dan dijadikan atas namanya untuk mendapatkan ttd pimpinannya. Padahal saya nulis itu mikir setengah mati.
Dari situ saya jadi males share lagi.
Mungkin pikiran itu salah. Mohon pencerahannya. Terimakasih
Santi~ jayapura

Jawaban
Wa alaikum slm wr wb.
Ibu santi, saat tulisan dipublikasikan maka hak penulis terhadap interpretasi terhada…

Pertanyaan kesembilanbelas
Saya sri budi handayani dari gresik
Mau bertanya tentang proses kreatif mbak farrah menulis buku anak , berikan contohnya,

Terima kasih.

Jawaban
Bu sri, karena saya menulis buku berjenjang maka banyak pakem yang harus sy perhatikan. Biasanya saya memulai dr sesuatu value yang ingin saya kenalkan pada anak tapi tidak dengan cara doktrin tapi tertangkap. Agar dapat byk ide, maka saya byk menonton film anak, bergaul dengan anak2 & membaca buku2 anak. Contohnya buku "sihdeh & robot" yang intinya mengenalkan cara menenangkan diri dengan menarik napas panjang. Kecenderungan anak laki-laki agak sulit untuk menenangkan diri saat marah, maka diambillah tokoh robot agar relate dengan anak laki. Setelah itu dibuat prosesnya, termasuk memb…
Pertanyaan keduapuluh
Assalamualaikum wr wb.
Saya safitri dari tk n pembina bobotsari purbalingga.
Mohon izin bertanya :
1.saya ingin menulis tentang buku ajar apakah sebelum menulis kita tentukan ide-ide atau semacam kerangka tulisan barulah kita mencari isinya?

2.saya sudah mengumpulkan buku-buku sbg sumber.tapi rasanya masih buntu untuk menulis..kadang berpikir mana dulu yang mau ditulis?
Pikiran2 seperti itu yg akhirnya menghambat untuk mulai menulis..bagaimana mengatasi seperti ini supaya menjadi sebuah tulisan?

Jawaban
Bu safitri,
Betul sekali untuk buku non fiksi qta perlu kerangka, paling tidak poin2 penting yang ingin kita sampaikan. Tidak bisa memulai karena kita berpikir "keseluruhan" dulu maka ini akan menghambat di awal. Dari poin2 yang sudah…
Pertanyaan keduapuluhsatu

Sri sulastri dr bojonegoro, pertnyaan sy cara apa agar bisa menghasilkan buku dengan cepat bagi penulis pemula?
Jawab
Bu sri, mulai dari yang mudah menurut ibu... Topik yang paling ibu kuasai. Tapi tidak ada yang instan, semua harus ,melalui proses. Proses itu akan semakin cepat jika segera dimulai😉
Pertanyaan keduapuluhdua
Slmat sore ibu. Terkait R ke-4. Menurut pengalman ibu, berapa persen dari ruang pembaca dapat ditampung masukannya dan bagaiman sikap kita dalam manerima semua kritikan itu agar tidak terbawa amarah. Trima kasih- bernad.toraja

Jawaban
Pak bernard,
Tidak ada rumus baku. Kita siapkan diri kita untuk terbuka terhadap berbagai masukan. Tapi kita lihat, kalau dia tidak suka karena berkaitan dengan selera yang berbeda, maka dia bukan target pembaca kita dan ini informasi berharga bagi kita. Tulisan kita akan memiliki target pembacanya sendiri. Tapi kalau pembaca tidak suka karena interpretasi yang salah dari hasil karya kita, maka mungkin cara kita menuliskannya perlu diperbaik...
Pertanyaan keduapuluhtiga
Selamat siang ibu farrah, saya grefer dari kupang, ntt. Apakah review buku yang dimaksudkan adalah sebelum buku kita diterbitkan, maka buku itu kita berikan kepada pembaca tertentu untuk membacanya lalu memberikan masukan positif atau negatif dari buku yang kita tulis. Lalu, dikembalikan dan kita revisi setelah itu baru diterbitkan? Terima kasih.
Jawaban
Betul pak, tapi bahkan apapun hasil tulisan kita, kita hadirkan pada pembaca & melihat tanggapannya -- ini bahkan sebelum proses penerbitan, usaha individu penulis untuk mendapat masukan. Kalau sudah ke penerbit, maka ada mekanismenya lagi tapi kita pun sudah bisa jelaskan targetnya siapa, tanggapannya bagaimana kira hingga buku kita itu bisa dibilang layak terbit

           

           


10 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.