PEDOMAN TEKNIS

INOVASI ASPRODIBLO (ASESMEN PROJEK DIGITAL MELALUI BLOG)

 

 

 

 

 

 


Oleh


Dra. Fitran Sari, M.Pd.

 

 

 

 

 

 

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA  NEGERI 2 MATARAM

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

            Puji Syukur kehadiran Allah SWT atas limpahan rahmatnya sehingga  Pedoman Teknis Inovasi Asprodiblo dapat penulis selesaiakan

            Adapun tujuan dari penyusuanan Pedoman Teknis Inovasi Asprodiblo adalah untuk mempermudah pengguna dalam  mengsesmen tugas projek dalam bentuk digital serta sebagai sarana untuk mendokumrntasikan tugas projek digitas siswa.

            Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kepala sekolah yang telah memfasilitasi penerapan inovasi, bapak/ibu guru SMP N 2 Mataram, bapak/Ibu guru komunitas MGMP IPA Kota Mataram , siswa SMP N 2 Mataram, serta semua rekan-rekan yang telah membantu dalam penerapan Inovasi Asprodiblo.

            Semoga Pedoman Teknis ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

                                                                                                                                                                                                                                                                                   Mataram, Desember 2024

                                                                                                                                                                                                                                    Penulis

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL.……………………………………………………………………i

KATA PENGANTAR……………………………………………………………………ii

DAFTAR ISI……………………………………………………………………………iii

BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………………….1

            A. Latar Belakang……………………………………………………………….1

            B.Tujuan…………………………………………………………………………1

            C. Manfaat ………………………………………………………………………2

BAB  II INOVASI ASPRODIBLO...……………………………………………………3

            A. Pengertian …………………………………………………………………... 3

            B. Keunggulan …………………………………………………………………..3

             C. Tahapan Tahapan……………………………………………………………..4

BAB III ALUR PEMANFAATAN INOVASI  ASPRODIBLO…………………………5

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.  Latar Belakang

                        Belum optimalnya  penggunakan media digital merupakan salah

            Satu  permasalahan yang inovator hadapi dalam kegiatan pembelajaran. Media

digital sangat diperlukan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Begitu pula

perubahan kurikulum 2013  ke Kurikulum Merdeka,  Inovator harus memiliki

keterampilan  digital.

                        Selain itu SMP Negeri 2 Mataram, juga menggunakan pembelajaran           berbasis   digital baik kegiatan pembelajaran maupun asesmen. Namun          penggunaan  media    digital selama ini  masih monoton,  sehingga perlu media         digital yang bervariasi  yang sesuai dengan materi yang diajarkan.

B. Tujuan

1.        Meningkatkan efektivitas pembelajaran melalui teknologi digital.

2.      Menumbuhkan keterampilan literasi digital peserta didik dan pendidik.

3.      Mendorong pembelajaran berbasis kolaborasi dan interaktif.

4.      Menyediakan sumber belajar yang fleksibel dan mudah diakses.

5.       Mengoptimalkan penggunaan media digital dalam dunia pendidikan.

C. MANFAAT

Bagi peserta didik

1. Meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran.

2. Membangun ekosistem pembelajaran digital yang lebih efektif dan variative

Bagi Pendidik

1.      Pendidik lebih mudah untuk mengasesmen tugas projek dalam bentuk digital

serta mendokumentasikan

2. Pendidik dapat memperoleh  media yang sesuai dalam kegiatan pembelajaran

 

 

Bagi sekolah

1.      Sekolah memperoleh  lulusan yang memiliki kompetensi sesuai yang

diharapkan

2. Sekolah mendapat media baru dalam kegiatan pembelajaran

 

BAB II

INOVASI ASPRODIBLO

 

A.           A. Pengertian

ASPRODIBLO merupakan Asesmen Projek Digital Melalui Blog. Inovasi ini dilakuka untuk mempermudah bapak/ibu guru untuk menilai projek siswa dalam bentuk digital. Hal ini diterapkan  karena projek ditugaskan kepada siswa membutuhkan waktu yang panjang dan tidak memungkinkan untuk dapat dikerjakan di sekolah.

B.     Keunggulan

memiliki nama dan alamat dapat diakses secara online, memiliki tujuan, memiliki konten yang berupa  artikel, catatan, dan informasi lainya, postingan atau isi blog terarsip, isi blog umumnya  selalu terupdate,  memiliki arah komunikasi interaktif, blog dapat dijadikan sarana untuk  menghasilkan pendapat.

C.     Tahapan-tahapan

Pengembangan Blog

1.  Perencanaan, tahapan ini inovator mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran, pemilihan platform blog dalam hal ini   inovator menggunakan Blogger;

2.      Pengembangan: Pembuatan konten pembelajaran berbasis blog;

3.      Implementasi: Penyampaian materi ajar/tugas melalui blog dan pengumpulan tugas;

4.  Evaluasi dan Pengembangan Lanjutan: Analisis efektivitas penggunaan blog dalam       pembelajaran. Penyebarluasan inovasi kepada komunitas pendidikan yang lebih luas

            Tahapan penugasan tugas projek digital peserta didik yaitu

1.                          Peserta didik membentuk kelompok terdiri dari 4-5 orang;

2.                          Peserta merencanakan kegiatan sesuai tugas yang dipilih;

3.                      Perencanaan didiskusikan dengan inovator dilanjutkan dengan pelaksanaan kegiatan; Wawancara            dengan nara sumber;

4.                  Hasil wawancara dipresentasikan dan membandingkan dengan perencanaan yang telah disusun,              jika terjadi perbedaan maka didiskusikan dan disepakati kembali dengan inovator;

5.                      Melaksanakan kegiatan projek sesuai dengan perencanaan;

6.                      Mempresentasikan hasil projek;

7.                      menggabung perencanaan, video wawancara video pelaksanaan kegiatan dan hasil projek.

       Tahapan penggunaan Inovasi untuk mengarsipkan tugas projek digital sebagai bahan asesmen                  peserta didik yaitu:

1.                  Video yang telah dibuat oleh peserta didik dipublikasikan ke youtube;

2.                  Inovator mengirimkan link blog ke peserta didik;

3.                  Peserta didik mengirim link youtube ke link blog inovator;

4.                  Inovator  melakukan asesmen melalui blog.

 

BAB III

ALUR PEMANFAATAN INOVASI

 

 

ALUR PEMANFATAN INOVASI ASPRODIBLO

                       

 
 

 


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.