PEDOMAN TEKNIS
INOVASI ASPRODIBLO (ASESMEN PROJEK DIGITAL MELALUI BLOG)
Oleh
Dra. Fitran Sari, M.Pd.
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
NEGERI 2 MATARAM
KATA PENGANTAR
Puji Syukur kehadiran Allah SWT atas
limpahan rahmatnya sehingga Pedoman
Teknis Inovasi Asprodiblo dapat penulis selesaiakan
Adapun tujuan dari penyusuanan
Pedoman Teknis Inovasi Asprodiblo adalah untuk mempermudah pengguna dalam mengsesmen tugas projek dalam bentuk digital
serta sebagai sarana untuk mendokumrntasikan tugas projek digitas siswa.
Ucapan terima kasih yang
sebesar-besarnya kepada kepala sekolah yang telah memfasilitasi penerapan
inovasi, bapak/ibu guru SMP N 2 Mataram, bapak/Ibu guru komunitas MGMP IPA Kota
Mataram , siswa SMP N 2 Mataram, serta semua rekan-rekan yang telah membantu
dalam penerapan Inovasi Asprodiblo.
Semoga Pedoman Teknis ini dapat
bermanfaat bagi kita semua.
Mataram,
Desember 2024
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL.……………………………………………………………………i
KATA PENGANTAR……………………………………………………………………ii
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………iii
BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………………….1
A. Latar Belakang……………………………………………………………….1
B.Tujuan…………………………………………………………………………1
C. Manfaat ………………………………………………………………………2
BAB II INOVASI ASPRODIBLO...……………………………………………………3
A. Pengertian …………………………………………………………………...
3
B. Keunggulan …………………………………………………………………..3
C.
Tahapan Tahapan……………………………………………………………..4
BAB III ALUR PEMANFAATAN INOVASI ASPRODIBLO…………………………5
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Belum optimalnya penggunakan media digital merupakan salah
Satu
permasalahan yang inovator hadapi dalam kegiatan pembelajaran. Media
digital sangat diperlukan untuk menunjang kegiatan
pembelajaran. Begitu pula
perubahan kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka, Inovator harus memiliki
keterampilan
digital.
Selain itu SMP Negeri 2 Mataram,
juga menggunakan pembelajaran berbasis digital baik kegiatan pembelajaran maupun
asesmen. Namun penggunaan media
digital selama ini masih monoton, sehingga perlu media digital yang bervariasi
yang sesuai dengan materi yang diajarkan.
B. Tujuan
1.
Meningkatkan
efektivitas pembelajaran melalui teknologi digital.
2. Menumbuhkan keterampilan literasi digital peserta
didik dan pendidik.
3. Mendorong pembelajaran berbasis kolaborasi dan
interaktif.
4. Menyediakan sumber belajar yang fleksibel dan mudah
diakses.
5. Mengoptimalkan penggunaan media digital dalam
dunia pendidikan.
C. MANFAAT
Bagi
peserta didik
1.
Meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran.
2.
Membangun ekosistem pembelajaran digital yang lebih efektif dan variative
Bagi
Pendidik
1. Pendidik
lebih mudah untuk mengasesmen tugas projek dalam bentuk digital
serta mendokumentasikan
2.
Pendidik dapat memperoleh media yang
sesuai dalam kegiatan pembelajaran
Bagi
sekolah
1. Sekolah
memperoleh lulusan yang memiliki
kompetensi sesuai yang
diharapkan
2.
Sekolah mendapat media baru dalam kegiatan pembelajaran
BAB
II
INOVASI
ASPRODIBLO
A. A. Pengertian
ASPRODIBLO merupakan
Asesmen Projek Digital Melalui Blog. Inovasi ini dilakuka untuk mempermudah
bapak/ibu guru untuk menilai projek siswa dalam bentuk digital. Hal ini
diterapkan karena projek ditugaskan
kepada siswa membutuhkan waktu yang panjang dan tidak memungkinkan untuk dapat
dikerjakan di sekolah.
B.
Keunggulan
memiliki nama dan alamat dapat diakses secara
online, memiliki tujuan, memiliki konten yang berupa artikel, catatan, dan informasi lainya,
postingan atau isi blog terarsip, isi blog umumnya selalu terupdate, memiliki arah komunikasi interaktif, blog
dapat dijadikan sarana untuk menghasilkan
pendapat.
C. Tahapan-tahapan
Pengembangan Blog
1. Perencanaan, tahapan ini inovator
mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran, pemilihan platform blog dalam hal ini inovator menggunakan Blogger;
2. Pengembangan: Pembuatan konten pembelajaran
berbasis blog;
3. Implementasi: Penyampaian materi ajar/tugas
melalui blog dan pengumpulan tugas;
4. Evaluasi dan Pengembangan Lanjutan: Analisis
efektivitas penggunaan blog dalam pembelajaran.
Penyebarluasan inovasi kepada komunitas pendidikan yang lebih luas
Tahapan penugasan tugas projek digital peserta
didik yaitu
1. Peserta didik membentuk kelompok terdiri dari
4-5 orang;
2. Peserta merencanakan kegiatan sesuai tugas
yang dipilih;
3. Perencanaan didiskusikan dengan inovator
dilanjutkan dengan pelaksanaan kegiatan; Wawancara dengan nara sumber;
4. Hasil wawancara dipresentasikan dan
membandingkan dengan perencanaan yang telah disusun, jika terjadi perbedaan
maka didiskusikan dan disepakati kembali dengan inovator;
5. Melaksanakan kegiatan projek sesuai dengan
perencanaan;
6. Mempresentasikan hasil projek;
7. menggabung perencanaan, video wawancara video
pelaksanaan kegiatan dan hasil projek.
Tahapan
penggunaan Inovasi untuk mengarsipkan tugas projek digital sebagai bahan
asesmen peserta didik yaitu:
1. Video
yang telah dibuat oleh peserta didik dipublikasikan ke youtube;
2. Inovator
mengirimkan link blog ke peserta didik;
3. Peserta
didik mengirim link youtube ke link blog inovator;
4. Inovator melakukan asesmen melalui blog.
BAB III
ALUR PEMANFAATAN
INOVASI
ALUR PEMANFATAN INOVASI ASPRODIBLO
Tidak ada komentar: