WORKSHOP PERSIAPAN '' BDR"

WORKSHOP  PERSIAPAN '' BDR''

Belajar dari rumah, pembelajaran jarak jauh, pembelajaran daring, banyak lagi istilah-istilah yang muncul di era  Covid 19. New normal atau masa transisi perlahan mulai diberlakukan oleh pemerintah. 

Sekolah berzona hijau sudah mulai berbenah diri untuk belajar secara tatap muka. Sekolah yang berzona kuning dan merah belajar model daring dan luring. Model daring menggunakan berbagai aplikasi seperti google classroom, zoom, wibex, whatshap dll. model luring menggunakan buku paket atau modul. 

Kegiatan pembelajaran mulai diaktifkan mulai tanggal 27 Juli 2020 untuk kelas 8 dan 9.  Sedangkan kelas 7 mengikuti  MPLS dimulai tanggal 20-25 Juli 2020. Menuju pembelajaran di era transisi ini maka perlu persiapan yang matang'

Sekolah Menegah Pertama Negeri 3 Mataram mulai berbenah diri. Hal pertama yang dilakukan melakukan workshop. Workshop yang dilakukan untuk mempersiapkan pembelajaran. Mengingat Kota Mataram masih berstatus berzona  merah maka menggunakan kombinasi model daring dan luring. 

Hari ini 16 Juli 2020 melakukan workshop. Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram. Worksop penggunaan Google classroom untuk kegiatan pembelajaran.


Pengarahan Kadis,  mengatakan bahwa untuk pembelajara siswa baru, dirancang kombinasi model daring dan luring. Beliau meminta ijin ke Sekda Kota Mataram agar sekolah dapat menghadirkan siswa. Mengingat siswa baru belum mengenal sekolah dan gurunya. waktu tidak boleh lebih  90 menit. Tidak perlu melibatkan OSIS. Kegiatan dilakukan seramah mungkin.

Beliau juga memberi Apresiasi kegiatan yang dilakukan sekolah. Guru mau tidak mau harus memperkaya diri untuk menghadapi perubahan pola pembelajaran baru. Selain itu beliau  mengigatkan juga kesederhana seorang guru. Guru tidak perlu membawa kehidupan pribadi ke sekolah. Tanamkan prinsip hidup ikhlas, sabar dan sederhana. 

''Mengapa harus mencari kesempurnaan karena didalam kesederhanaan sudah terdapat kesempurnaan''

Kegiatan dilanjutkan dengan Workshop. Saya dipercaya untuk berbagi pengalaman kepada teman-teman. Kegiatan berjalan dengan baik. Aplikasi sudah di install  oleh bapak ibu guru. Teman-teman  menggunakan HP dan ada juga menggunakan laptop. Sebagian teman-teman tidak bisa mengguna laptop karena kendala internet. Namun tidak menyurut semangat untuk belajar.


Teman-teman langsung mempraktek, sambil saya tuntun. Mulai dari download google classroom, buat kelas, latihan join kelas, latihan soal atau penilaian.
Pukul 12.00 wita kami mengakhiri kegiatan dilanjutkan besok untuk latihan join menjadi siswa.
Selamat berjuang bapak ibu guru. berjuang demi mencetak generasi emas yang tangguh dimasa akan datang. 





Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.