MAU MENULIS PTK? INILAH PROSEDURNYA

Resume Menulis di Media Cetak
Pertemuan 13  Gelombang 10
Har/tanggal: Rabu , 13 Mei 2020
Pukul :13.00-15.00 WIB
Topik : Menulis di Media Cetak
Pembicara:  Dra. Rahmi Wilandari, M.Pd
Moderator:  Om Jay
Peresume : Fitran Sari (fitransari67@gmail.com)


MAU MENULIS PTK?   INILAH PROSEDURNYA


Oleh; Fitran Sari

Pada pertemuan ke 13 hari selasa , 13 Mei 2020, materi akan disampaikan oleh ibu Dra. Rahmi Wilandari, M.Pd. Untuk lebih mengenal ibu Rahmi maka dibawa ini disertai biodata lengkap.
BIODAT  NARA SUMBER
Nama:Dra. Rahmi  Wilandari , M.Pd
Tempat, Tanggal Lahir:Surabaya, 1 Januari  1965
Alamat Rumah:JL. Sutedi  Senoputra Gg  Cempaka  I/2
                      Karangpilang Surabaya  60221  Jatim
Alamat Surel : rahmi.smadda@yahoo.com
Blogger: edukasirahmiwilandari.blogspot.com
Nomor HP: 081235192393
Program Studi S-1:S1 Pendidikan Ekonomi UNESA Surabaya Tahun Lulus 1988
Program Studi S-2:S2 Pendidikan Ekonomi UNESA Surabaya Tahun Lulus 2013
Tempat mengajar: SMA Negeri 21 Surabaya/ Jawa Timur
Daftar Karya  :
1.Jurnal Pendidikan Ekonomi UNESA Surabaya
   “ Pembelajaran Kooperatif Tipe Thik Pair Share dengan Media 3D  
   Topiscape SE ( Student  Edition ) untuk Meningkatkan Ketuntasan
   belajar Siswa ( 2013) “
2. Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio dan Multimedia ( 2013 )
3. My Literacy for My Future ( Literasiku, Masa Depanku) ( 2017 )  Juara Tingkat Nasional KTI  Literasi tahun 2018
4. PTK
    “ Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dengan
    menggunakan Media Kartu  Remi ( Playing Cards ) untuk meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa pada Materi Permintaan dan Penawaran  ( 2018 )
5. Wajib dan perlukah Pendidikan Kewirausahaan di SMA ( 2019 )
6. Membangun Karakter Generasi Milenial menghadapi Era Revolusi Industri 4.0   ( 2019 )
7. Tolak Narkoba Raih Prestasi / KTI  Anti Narkoba  ( 2020)
8. Memaknai Hardiknas di Era Pandemi Covid-19 ( 2020 )
Daftar Penghargaan :
1. Juara 3 LKTI Majalah Media (PGRI) Tingkat Jawa Timur tahun  2013
2.Juara Lomba Guru Menginspirasi ( KTI Literasi ) Tingkat   Nasional  2018 untuk jenjang SMA / MA / SMK Penerbit PT. Erlangga,  Jakarta
3. Pembimbing Terbaik  ke 3 “ Perbanas Banking Competition ( PBC ) Tingkat Nasional tahun 2016 jenjang SMA / MA / SMK / STIE Perbanas Surabaya
Pengalaman
1. Narasumber PJJ ( Pembelajaran Jarak Jauh ) Radio Streaming jenjang SMA Tekkomdik Info Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur  Tahun 2010 -2017
2. Narasumber Pembelajaran Online  Pro 2  RRI  Sby  95,2 FM “ Program Indonesia Memanggil’’
Ibu Rahmi memulai pemaparan  dengan menyapa peserta serta memberi salam. Beliau memperkenalkan diri yaitu Rahmi Wilandari dan mengajar di SMAN 21 Surabaya. Pengampu mapel Ekonomi dan Kewirausahaan. Menurut beliau  pada umumnya para penulis punya latar belakang pendidikan Bahasa dan Sastra, namun beliau  latar belakang Pendidikan Ekonomi.
Awal menulis
Bu Rahmi  menulis pada awalnya menulis segala  kejadian  sehari-hari yang di alami. Pada saat berangkat kerja ada kejadian yang  menarik, maka setiba disekolah beliau akan menuliskan secara garis besar dan dilanjutkan menyelesaikan  dirumah .
Macam-macam penulis
1. Penulis Cerpen,  ada penulis Novel,  ada penulis cerita bersambung ( Cerbung).Ada jg penulis Ilmiah. Yaitu kategori penulis Fiksi dan non Fiksi
2.   Penulis artikel. Penulis artikelpun juga ada macamnya : penulis Umum ada Penulis buku teks
Menulis sudah menjadi rutinitas beliau, dan selalu menghabiskan waktu luang untuk membaca di perpustakaan. Selain adem,  tenang  dan  menginspirasi untuk menulis, juga karena Penulisan KTI atau artikel membutuhkan wawasan untuk rajin membaca baik buku cetakan atau e book.
Macam-macam penelitian
1.   Deskriptif.
2.   Penelitian eksperimen ( penelitian murni)  dan
3.   Penelitian Tindakan Kelas ( PTK)
PTK  seharusnya  bisa dilaksanakan oleh guru karena  dari sumber berasal dari kejadian sehari-hari saat mengajar dan dituangkan dalam bentuk tulisan.
Langkah-langkah  penyusunan PTK
Format PTK
Halaman Judul
Halaman pengesahan
Abstrak (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris masing-masing 150-250 kata)
Kata pengantar
Daftar Isi
Daftar Tabel
Daftar Grafik
Daftra Gambar
Daftara Lampiran
Format Laporan PTK
BAB I PENDAHULUAN
A.   Masalah dan latar belakang masalah    
Uraikan secara lugas masalah yang ingin ditanggulangi, penyebab timbulnya masalah tersebut, dan tingkat masalah yang ingin ditanggulangi oleh peneliti.
B.   Rumusan masalah
Uraikan secara singkat bentuk tindakan yang akan diambil (misal:
mengapa berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi/ TIK?), argumentasi teoretik dan/atau empirik pemilihan tindakan, dan rumuskan hipotesis tindakan sebagai landasan tindakan yang digunakan (bila dipandang memungkinkan).
C.   Tujuan penelitianUraikan hasil penelitian yang diharapkan (anticipated results) dari penelitian ini.
D.  Ruang Lingkup PenelitianSebutkan lingkup atau batas- batas tindakan yang akan diambil peneliti.
E.   Manfaat penelitianUraikan secara jelas manfaat hasil penelitian bagi sekolah (misalnya: pengembangan kurikulum,  kebijakan, guru, maupun siswa, dsb.)
BAB II :  PEMBAHASAN, KERANGKA PIKIR DAN HIPOTESIS 
A.   Pembahasan
Uraikan dengan seksama dan deskriktif variabel penelitian anda   (Uraikan variabel X dan Y)
B.   Kerangka pikir : adalah sintaks dari hasil analisa variabel penelitian yang berbentuk skema yang menghasilkan sebuah pernyataan
C.   Hipotesis : berisi dugaan sementara calon peneliti terkait variabel penelitian yang biasanya ditandai dengan kalimat :jika... maka...
BAB III : PROSEDUR PENELITIAN TINDAKAN KELAS  
A. Setting Penelitian: Sebutkan lokasi penelitian, waktu penyelenggaraan penelitian (misal:   Semester I, II, bulan, tahun, dst.), dan karakteristik kelompok sasaran yang menjadi subjek penelitian, serta bentuk aktivitas penggunaan ICT dalam pembelajaran.
B.   Prosedur Penelitian
Gambaran umum Penelitian. Uraikan gambaran umum penelitian yang dilakukan termasuk jumlah dan prosedur siklus penelitian yang dilakukan.
Rincian Prosedur Penelitian
a. Persiapan Tindakan.
Sebutkan persiapan apa saja yang dilakukan (seperti analisis diagnostik untuk  menspesifikasi masalah dan rincian penyebab timbulnya masalah), pembuatan alat-alat  berbasis TIK dalam rangka tindakan, dan lain-lain yang terkait dengan pelaksanaan tindakan di kelas.
b.Implementasi Tindakan Deskripsikan tindakan yang akan diambil, skenario kerja tindakan, dan prosedur tidakan yang digunakan peneliti.
c. Pemantauan dan Evaluasi.
Uraikan Prosedur pemantauan dan evaluasi tindakan, alat- alat pemantauan dan evaluasi yang digunakan, beserta kriteria keberhasilan tindakannya.
d. Analisis dan Refleksi .
Uraikan prosedur analisis hasil  pemantauan dan refleksi terhadap tindakan yang telah diambil, tim yang terlibat dalam analisis hasil pemantauan dan refleksi, kriteria dan rencana bagi tindakan daur ulang.

BAB IV: HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Sajikan hasil penelitian atau temuan setelah tindakan dilaksanakan dan penyajian temuan harus sesuai dengan masalah yang telah dirumuskan, dan dilakukan pembahasan secara lengkap tentang temuan atau hasil PTK tersebut. Pembahasan hendaknya memberikan penjelasan tentang kegagalan maupun keberhasilan penerapan TIK dalam pembelajaran, tentu bila salah satu atau keduanya ada, suatu tindakan
BAB V : SIMPULAN DAN SARAN  
A.   Simpulan
Simpulkan hasil penelitian yang diperoleh secara lengkap, sesuai dengan masalah yang diteliti
B.   Saran-saran
Ajukan saran- saran untuk penerapan hasil penelitian dan kemungkinan penelitian lebih lanjut dimasa mendatang.
DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN
      1. Silabus
        2. Materi Ajar
        3. RPP
        4. Media Pembelajaran
        5. Nilai dan daftar hadir siklus 1-3
        6. Lembar  Pengamatan Aktivitas Guru
        7. Lembar  Pengamatan Aktivitas Siswa
        8. Foto kegiatan Penelitian
      9. Lampiran lain-lain ( Undangan Seminar, Panitia Seminar, Notulen Seminar, Surat Pernyataan Keoriginal Penelitian , Surat Keterangan Waktu Penelitian , Penyerahan PTK ke Perputakaan Sekolah
Contoh Abstrak
Wilandari, Rahmi. 2018. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match( Mencari Pasangan)dengan Media Kartu  Remi untuk meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa Materi Permintaan dan Penawaran
Di Kelas X IIS 1 SMAN 21 Surabaya
              Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menerapkan pembelajaran  Kooperatif Tipe Make a Match ( Mencari Pasangan ) dengan Media Kartu Model Remi  untuk meningkatkan Ketuntasan belajar Siswa kelas X IIS1  di SMAN 21 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari 3 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X IIS1  SMA Negeri 21 Surabaya.Tehnik Analisa data untuk validitas soal menggunakan rumus korelasi Product Moment Pearson
              Kesimpulan dari hasil penelitian  bahwa : (1) Rata-rata hasil Belajar siklus pertama  76,49 pada siklus kedua rata-rata hasil belajar : 78,92 dan pada siklus ketiga rata-rata hasil belajar  : 84,32 , (2) Pada siklus pertama siswa yang dinyatakan tuntas sebesar 64,86 %, sedangkan untuk siklus kedua siswa yang dinyatakan tuntas sebesar 75,68 % untuk siklus ketiga  yang tuntas 89,19 %.  (3) adanya respon positif dari siswa terhadap penerapan Kartu Model Remi sebagai media pembelajaran. Berdasarkan angket respon siswa sebagian besar siswa setuju dan sangat setuju dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan Kartu Model Remi. Hal ini dapat disimpulkan     bahwa Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match dengan Media Kartu Remi dapat meningkatkan ketuntasan Belajar Siswa di SMAN 21 Surabaya

        Kata kunci : Kooperatif  Make a Match  , Ketuntasan Belajar Siswa, Media Kartu Model Remi
Abstrack
Wilandari, Rahmi. 2018. Application of Cooperative Learning Type Make a match (Looking for Couples) with Playing Card Media to enhance Student Learning Completeness Request and Supply Materials
In Class X IIS 1 of SMAN 21 Surabaya
               This research was conducted with the aim of applying Cooperative Learning Type Make a Match (Looking for Couples) with the Media Rummy Model Card to improve the mastery learning of Grade X IIS1 students at SMAN 21 Surabaya. This type of research is a classroom action research (CAR), which consists of 3 cycles. The research subjects were students of class X IIS1 of SMA Negeri 21 Surabaya. Data Analysis Techniques for the validity of the questions using the Pearson Product Moment Correlation Formula  
                Conclusions from the results of the study that: (1) The average learning outcomes of the first cycle 76.49 in the second cycle the average learning outcomes: 78.92 and in the third cycle the average learning outcomes: 84.32, (2) In the cycle first students who declared complete by 64.86%, while for the second cycle students who were declared complete by 75.68% for the third cycle who completed 89.19%. (3) there is a positive response from students towards the application of the Rummy Model Card as a learning medium. Based on student response questionnaires, most students agreed and strongly agreed with the application  of Make a Match type cooperative learning with Rummy Model Cards. It can be concluded that the Cooperative Learning type Make a Match with Rummy Card Media can improve the completeness of Student Learning in SMAN 21 Surabaya 
       
Keywords: Cooperative Make a Match, Student Learning Completeness, Media Rummy Model Cards
Artikel ilmiah
Untuk Penulisan Artikel Ilmiah  yang sedang ( 1500 -2000 kata ) kita bisa menuliskan dalam beberapa Paragraf
-           Paragraf  1  ( berisi Pengantar  dan Permasalahan  )
-          Paragraf  2-10  ( Pembahasan dan Cara / Altenatif Pemecahan / Solusi )
-          Paragraf ke 11 ( Kesimpulan )
-          Kertas ukuran A4 3- 4 halaman dengan spasi 1,5
-          Jika untuk Lomba tergantung permintaan panitia
Untuk artikel Ilmiah pendek 500 -1000 kata sdh bisa menjadi artikel Ilmiah  ( Jawa Pos )
Mengikuti Lomba dan Juara
Pertama kali mengikuti lomba KTI ( PTK)  tahun 2013. Awal melakukan penelitian tidak mempuyai target untuk menang hanya cari pengalaman. Saat itu gencar-gencarnya workshop tentang penulisan PTK dan Karya Ilmiah. Banyak guru  penasaran bagamana menulis PTK dan hasilnya belia memperoleh juara 3.
Menurut beliau “Sebuah keberhasilan harus disertai usaha, semangat serta kerja keras”. Dan pesan beliau “Mulailah belajar disiplin diri menulis setiap hari. Insya'allah kalau sdh terbiasa akan enak,  dan kecanduan untuk selalu menulis dan menulis”.
Dilanjutkan dengan tanya jawab
Pertanyaan 1,
Saya ingin bertanya ibu Rahmi...tadi dari paparan ibu ada penelitian deskriptif, tolong ibu jelaskan penelitian deskriptif itu contohnya yang bagaimana dan apakah bisa digunakan sebagai karya tulis ilmiah Bu. Matur nuwun
Saya Rachmi dari Banyuwangi
Jawaban
Jawaban Penelitian diskriptif : peneliti mampu mengidentifikasi mengapa,  apa dan bgmn fenomena sosial... Banyak sekali gejala sosial yg terkadang kita bisa memprediksinya.
Pertanyaan 2
Ass wr.wb.
1.Kriteria judul PTK yg bagus spt apa biar tdk tertolak
2. Bentuk artikel ilmiah bagaimana dan apa syarat2 yg hrs dpenuhi dlm isi artikl tsb
3. Cara krm artikl ke media spt majalah, jawa pos...
Mhn maaf krn msh pemula mhn bimbingannny.tks🙏🏻
Jawab.
Untuk judul PTK dari kegiatan kita mengajar bisa kita jadikan PTK....
Pertanyaan 2, Slmt sore ibu,
apakah PTK wajib menggunakan sebuah model atau metode pembelajaran? Dan apakah mutlak 3 siklus yang ada dalam sebuah PTK? Tks bu. Yulius Roma-Tana Toraja
Pertanyaan 3,
uh. Said Makassar.
Salah satu faktor penghambat kenaikan pangkat guru adalah kekurang mampuan meneliti dan menulis karya ilmiah seperti PTK.
Pertanyaan :
1. Ciri utama PTK adalah adanya siklus. Bagaimana kalau hasil penilaian siklus 1 ke siklus 2 menurun ?
2. PTK diseminarkan disekolah. Bagaimana prosedurnya ?
 Pertanyaan 4
Selamat siang bunda Rahmi. Saya Pajarwati dari Tangerang.
Dalam pembuatan PTK itu awalnya adalah problem dalam kelas yg akan d perbaiki. Treatmen apa yang dilakukan supaya PTK itu benar2 sebuah penelitian, karena terkadang guru hanya mengejar  target untuk kenaikan pangkat belaka .
Pertanyaan 5,
Trimakasih Ibu Rahmi buat ilmunya. Dalam penulisan PTK, sumber utamanya kan kita guru, berdasarkan temuan2 kita saat mengajar, adakah sumber2 tambahan dari luar yg Ibu ambil sebagai referensi dalam Penulisan PTK bu?.
Pertanyaan 6,
Yth.Ibu Rahmi, perkenalkan saya bu Beni dr Bojonegoro, saya pernah lomba Best Practice sesuai dengan ketentuan dr panitia, namun setelah presentasi ada komentar bebrapa orang mengatakan bahwa best practice sya terlihat seperti PTK, yang mau saya tanyakan apa perbedaan signifikan antara PTK dan best practice?, mengingat keduanya sama2 mencari solusi dengan menerapkan strategi tertentu. Terima kasih
Salam
Pertanyaan 7,
Ibu, mhn penjelasan perbedaan pembahasan pd HASIL dan PEMBAHASAN. Sy kdg keliru antara HASIL dan PEMBAHASAN. Terima kasih.
Isminatun Sukoharjo
Pertanyaan 8,
assalamualaikum ibu.. saya sumarjiyati dari Gk,yang mau saya tanyakan buk.. saya lihat di ppt abstrak menggunakan bahasa inggris. apakah abstrak  di dalam ptk harus menggunakan bhsa inggris buk? terimakasih
Pertanyaan 9, Assalaamu'alaikum bu rahmi, sy sri indayani dr lamongan. Yg saya tau di sekitar sy biasanya ptk datanya tdk asli krn mencari data nilai asli seperti yg diharapkan susah banget. Bagaimana tipsnya agar saat melakukan penilaian didapatkan nilai spt yang diharapkan saat membuat ptk shg data nilai yg dipakai asli?
Pertanyaan 10,
 Ass.Bu Rahmi
Saya tdk pandai merangkai kata2 untuk menjadi sebuah kalimat n menjadi sebuah paragrag yg enak utk dibaca..Bgmn Cara memulainya..saya hy punya tekad kuat..sperti..kt. Om Jay..Write or Die..?..mhon bimbingannya ..trmksh
Tahun 2017 saya dan murid saya tentang layanan non tunai,  dengan tehnik wawancara. Ternyata pelayanan sekarang lbh banyak menggunakan E Money... pernah mengadakan penelitian diskriptif
Jawaban
PTK minimal hrs 2 siklus,  3 siklus lbh baik. Di PPT saya ada lampiran apa saja yg diperlukan supaya PTK tdk ditolak.
Pertanyaan 11
assalamualaikum bu Rahmi, saya eti haryati dari Bogor. saya terus terang lemah sekali dalam menulis terutama dalam merangkai kata. bagaimana tip untuk supaya ada keterampilan dalam merangkai kata sehingga menjadi tulisan yang menarik?
Jawaban
Kalau pakai media pembelajaran  maka PTK ada 3 variabel,  dan hrs ada lembar pengamatan penggunaan Media...
Jawaban
Yah... Penelitian dari siklus 1 ke siklus 2 dan siklus 3 ya hrs ada peningkatan .Guru kan dalang bgmn menjalankan lakon agar bisa meningkat.... 🙏🙏😃😃💪
Pertanyaan 12,
Asalamualaikum bu rahmi saya Donieks .S dari Palangka Raya. Saya mau bertanya gimana penulisan yang menarik pada PTK
Pertanyaan 13,
Apa ciri -ciri artikel yang mudah dimuat di media  cetak, Sri Budi gresik
Jawaban
Nah... Pandangan ini yg salah ibu. Jangan membuat PTK krn mau naik pangkat,  usahakan 1 tahun Pelajaran minimal 1 PTK,  jd pas naik pangkat aman dan tenang krn kita sdh siap buka PTK yg jahitkan.  Maksud saya bukan PTK hasil jahitan... 🙏🙏
Jawaban: 
Dari luar maksudnya buku2 bacaan? Untuk referensi tahunnya hrs 10 tahun ke belakang,  jd kita cari judul dan pengarang yg sama tapi edisi terbaru
Jawaban
Antara PTK dan Best Practice tdk sama ibu.  Best Practice pengalamsn terbaik. Utk lbh jelasnya lihat buku 4 dan buku 5 Pedoman Kenaikan pangkat.
Jawaban
 Hasil Penelitian menggabarkan bgmn hasil penelitian dari siklus 1- 3 disertai data tabel hasil Penelitian.
Jawaban
Penelitian diskriptif : peneliti mampu mengidentifikasi mengapa,  apa dan bgmn fenomena sosial... Banyak sekali gejala sosial yg terkadang kita bisa memprediksinya.
Jawaban
Yah... Penelitian dari siklus 1 ke siklus 2 dan siklus 3 ya hrs ada peningkatan .Guru kan dalang bgmn menjalankan lakon agar bisa meningkat.... 🙏🙏😃😃💪
Jawaban
 Nah... Pandangan ini yg salah ibu. Jangan membuat PTK krn mau naik pangkat,  usahakan 1 tahun Pelajaran minimal 1 PTK,  jd pas naik pangkat aman dan tenang krn kita sdh siap buka PTK yg jahitkan... 🙏🙏
Jawaban
Dari luar maksudnya buku2 bacaan? Untuk referensi tahunnya hrs 10 tahun ke belakang,  jd kita cari judul dan pengarang yg sama tapi edisi terbaru
Jawaban
Antara PTK dan Best Practice tdk sama ibu.  Best Practice pengalamsn terbaik. Utk lbh jelasnya lihat buku 4 dan buku 5 Pedoman Kenaikan pangkat.
Jawaban
Hasil Penelitian menggabarkan bgmn hasil penelitian dari siklus 1- 3 disertai data tabel hasil Penelitian.
Jawaban
Cukup jelas dan gamblang meskipun sedikit agak repot utk mengolah data,  grafik dan tabel...
Jawab
Saya ibu setiap menyusu RPP satu semeter, saya sdh merencanakan bab mana yg akan saya buat PTK,  dan kira2 siswa mengalami kesulitan,  dan pakai metode apa, model pembelajarannya bgmn jd betul2 saya persiapkan...
pertanyaan 14,
Saya mau tanya bahwa Penulis artikel ada macamnya : penulis Umum ada Penulis buku teks keduanya apa memiliki ciri penulisan yang berbeda atau bagai mana untuk memulai menulisnya.  Dari Donieks.  Palangka Raya
Jawaban
Ibu idealnya abstrak itu ada bahasa Indonesia dan ada yg bahasa Inggris.  Dengan membuat  PTK kita bisa  mendapat: Jurnal Ilmiah baik cetak atau online, PTK jg hrs diseminarkan,  ada berita Acara,  ada undangan dll seperti dalam PPT saya,  insya'allah nilai 4, dan jng lupa ada bukti Surat Keterangan Penyerahan PTK ke Petugas Perpustakaan pasti lolos kenaikan pangkatnya... 💪💪💪
JAWABAN
Ibu saya jg bukan orang yg pandai merangkai kata. Tapi saya berusaha banyak membaca PTK org lain lnternet,  lalu saya tulis,  setelah selesai saya baca berulang2, saya tunjukkan ke teman guru Bhs Indonesia,  tlnh dikoreksi kekurangannya dimana, sampai bisa jd paragraf yg enak dibaca...
Pertanyaannya hampir sama dengsn pertanyaan no 10 💪🙏
Jawaban
Menarik atau tdk tergantung kita merangkai kata2, bahasa Indonesia yg baik,  titik,  koma dan Huruf besar dan huruf kecil tepat pengunaannya.
Pertanyaan 15
Assalamualaikum Bu Rahmi,,saya noralia dari Semarang..
Ijin bertanya
Apakah mutlak kalau penelitian di sekolah harus menggunakan PTK?
Karena setahu saya ada berbagai jenis penelitian yaitu eksperimen, deskriptif/kualitatif, R&D dan PTK itu sendiri.
Apakah tidak boleh jika kita memilih penelitian R&D atau eksperimen yang ada kelas eksperimen dan kelas pembanding, terlepas ini nantinya digunakan atau tidak sebagai syarat kenaikan pangkat. 
Terimakasih
Jawaban
Menarik atau tdk tergantung kita merangkai kata2, bahasa Indonesia yg baik,  titik,  koma dan Huruf besar dan huruf kecil tepat pengunaannya.
Jawaban
Ibu menulis artikel bisa dari kejadian, peristiwa atau gejala yg ada disekitar kita sehari2. Contoh apa dampak Pandemi Covid -19 thd ekonomi masyarakat. Atau dengan adanya Pandemi Covid 19 masalah apa yg dihadapi orangtua peserta didik cukup tulis 500-1000 kata,  ada masalah,  ada bahasan,  ada solusi kirim ke redaksi majalah atau surat kabar, dapat COIN dan POINT. Coin dpt honor,  POINT dpt nilai 2 utk kenaikan pangkat jika majalah/surat kabar Nasional. Kalau surat kabar dan majalah regional / provinsi nilai 1, 5
Jawaban
Penulis Umum itu bisa menulis buku teks Pembelajaran,  kalau yg khusus menulis buku ilmiah atau buku Motivator
Jawaban
Boleh ibu, utk unsur utama kenaikan pangkat tdk harus PTK,  bisa Artikel Ilmiah yg sdh dipublikasikan di Majalah atau Surat Kabar lokal atau Nasional.
Jawaban
Semakin sering menulis artikel,  dan semakin sering pula dimuat di Surat kabar Regional atau Nasional,  maka semakin banyak tabungan Publikasi Ilmiah. Semakin cepat naik pangkat,  dengan jujur dan bermartabat. Dan bukan sebagai guru Plagiat.. 🙏🙏🙏
Jawaban
Riset and Development jg bisa,  kebetulan saya pengampu mapel PKWU bisapakai R & D  🙏🙏🙏💪😃💪
Pertanyaan 16
Assalamu'alaikum buk Rahmi, saya Ratna  dari Sigli. Ingin menanyakan apa perbedaan jurnal, artikel dan PTK. Trima kasih
Artikel sedang antara 1500-2000 kata,  artikel berasal dari fenomena / kejadian disekeliling kita,  ada permasalahan, pembahasan dan kesimpulan tanpa / dengan penelitian. Jurnal adalah ringkasan dari PTK,  yg diringkas menjadi kurang lebij 10-15 halaman,  jika jurnal online kata2 plagiat dalam jurnal minimal 30% dari keseluruhan kata dlm jurnal.
Kesimpulan :
- Marilah kita membiasakan menulis setiap  hari sedikit demi sedikiy lama jd   bukit... Eeh Buku
- Hari ini pertanyaan terbanyak seputar PTK,  ada juga artikel dan Best Practice
- Untuk PTK minimum 2 siklus,  alangkah lebih baik jika 3 siklus
- Untuk merangkai kata kata dalam PTK perlu banyak membaca dan latihan
- PTK menggunakan 2 variabel yakni variabel X dan Y. Apakah perlu pakai metode / model. Kalau metode itu metode Ceramah, diskusi kelompok atau pemberian tugas. Kalau model bisa menggunakan Cooperative Learning, PBL atau PJBL. Cooperative Learning  ada Think Pair Share,  Make a Match dll
Jawaban
 Utk menulis artikel dimajalah atau surat kabar,  dng 500- 1000 kata sdh jd artikel asal dalam paragraf sdh ada latar belakang. permasalahan dan paragrag berikutnya solusi 6-9 paragraf,  paragraf ke 10 ada kesimpulan.Terkadang tiap penerbit punya aturan dan kriteria yg berbeda.
jawaban
Menulis selain bisa menjadi hobi atau kebiasaan jika kita bisa mencoba  mengirim ke Surat kabar / majalah bisa mendapat COIN dan POINT.Semakin sering menulis dan dipublikasikan semakin cepat naik pangkat jujur dan bermartabat.  Sekian dulu resume/ kesimpulan workshop belajar menulis hari ini.Jika ada kata2 atau tulisan yg tdk berkenan saya mohon maaf yg sebesar2nya.Saya disini bukan yg paling pintar,  tetapi kita belajar sharing bersama agat bisa menjadi guru yg hebat,  profesional dan berkompeten.. Dan selamat menunaikan ibadah suci Romadhon bagi yg menunaikannya. Wass Rahmi Wilandari
Jawaban
Pertanyaannya salah. Artikel dl jurnal adalah artikel ilmiah hasil penelitian dan nonhasil penelitian. Yg dlm.koran atau majalah adalah artikel ilmiah populer.
Jawaban
Ya. Saya mengikuti. Saya baca pertanyaannya tadi dan yg salah pertanyaannya . Banyak yg bilang menulis jurnal, padahal.menulis artikel.ilmiah dalam jurnal.
Jawaban: Artikel.ilmiah hasil penelitian dlm jurnal hrs diambil dr laporan hasil penelitian, salah satunya adalah PTK.


2 komentar:

  1. Kalo boleh ijin Copy ya Bu ..e Bu apa Mbak ya...lahir 67 masih kelihatan muda,awet muda...hmhm.Keren resumnya.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.