MAU MENULIS PTK? INILAH PROSEDURNYA
Resume Menulis di Media Cetak
Pertemuan 13 Gelombang 10
Har/tanggal: Rabu , 13 Mei 2020
Pukul :13.00-15.00
WIB
Topik :
Menulis di Media Cetak
Pembicara: Dra. Rahmi
Wilandari, M.Pd
Moderator: Om Jay
MAU MENULIS PTK? INILAH PROSEDURNYA
Oleh; Fitran Sari
Pada pertemuan ke 13 hari selasa ,
13 Mei 2020, materi akan disampaikan oleh ibu Dra.
Rahmi Wilandari, M.Pd. Untuk lebih mengenal ibu Rahmi maka dibawa ini disertai
biodata lengkap.
BIODAT NARA SUMBER
Nama:Dra. Rahmi Wilandari , M.Pd
Tempat, Tanggal Lahir:Surabaya, 1 Januari 1965
Alamat Rumah:JL. Sutedi Senoputra Gg Cempaka I/2
Karangpilang Surabaya 60221
Jatim
Blogger: edukasirahmiwilandari.blogspot.com
Nomor HP: 081235192393
Program Studi S-1:S1 Pendidikan Ekonomi UNESA Surabaya Tahun Lulus
1988
Program Studi S-2:S2 Pendidikan Ekonomi UNESA Surabaya Tahun
Lulus 2013
Tempat mengajar: SMA Negeri 21 Surabaya/ Jawa Timur
Daftar
Karya :
1.Jurnal Pendidikan Ekonomi UNESA Surabaya
“ Pembelajaran Kooperatif Tipe Thik Pair
Share dengan Media 3D
Topiscape SE (
Student Edition ) untuk
Meningkatkan Ketuntasan
belajar Siswa (
2013) “
2. Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio dan Multimedia ( 2013 )
3. My Literacy for My Future ( Literasiku, Masa Depanku)
( 2017 ) Juara Tingkat Nasional KTI Literasi tahun 2018
4. PTK
“ Penerapan Pembelajaran
Kooperatif Tipe Make a Match dengan
menggunakan Media
Kartu Remi ( Playing
Cards ) untuk meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa pada Materi Permintaan dan
Penawaran ( 2018 )
5. Wajib dan perlukah Pendidikan Kewirausahaan di SMA ( 2019 )
6. Membangun
Karakter Generasi Milenial menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 ( 2019 )
7. Tolak Narkoba Raih Prestasi / KTI
Anti Narkoba ( 2020)
8. Memaknai Hardiknas di Era Pandemi Covid-19 ( 2020 )
Daftar Penghargaan :
1. Juara 3 LKTI Majalah Media (PGRI) Tingkat Jawa Timur tahun 2013
2.Juara Lomba Guru Menginspirasi ( KTI Literasi ) Tingkat Nasional 2018 untuk jenjang SMA / MA / SMK Penerbit
PT. Erlangga, Jakarta
3. Pembimbing Terbaik ke 3 “
Perbanas Banking Competition ( PBC ) Tingkat Nasional tahun 2016 jenjang SMA /
MA / SMK / STIE Perbanas Surabaya
Pengalaman
1. Narasumber PJJ
( Pembelajaran Jarak Jauh ) Radio Streaming jenjang SMA Tekkomdik Info Dinas
Pendidikan Provinsi Jawa Timur Tahun
2010 -2017
2. Narasumber
Pembelajaran Online Pro 2 RRI Sby 95,2 FM “ Program Indonesia Memanggil’’
Ibu
Rahmi memulai pemaparan dengan menyapa
peserta serta memberi salam. Beliau memperkenalkan diri yaitu Rahmi Wilandari
dan mengajar di SMAN 21 Surabaya. Pengampu mapel Ekonomi dan Kewirausahaan. Menurut
beliau pada umumnya para penulis punya
latar belakang pendidikan Bahasa dan Sastra, namun beliau latar belakang Pendidikan Ekonomi.
Awal menulis
Bu Rahmi menulis pada awalnya menulis segala kejadian sehari-hari yang di alami. Pada saat
berangkat kerja ada kejadian yang
menarik, maka setiba disekolah beliau akan menuliskan secara garis besar
dan dilanjutkan menyelesaikan dirumah .
Macam-macam penulis
1. Penulis
Cerpen, ada penulis Novel, ada penulis cerita bersambung ( Cerbung).Ada
jg penulis Ilmiah. Yaitu kategori penulis Fiksi dan non Fiksi
2.
Penulis
artikel. Penulis artikelpun juga ada macamnya : penulis Umum ada Penulis buku
teks
Menulis
sudah menjadi rutinitas beliau, dan selalu menghabiskan waktu luang untuk
membaca di perpustakaan. Selain adem,
tenang dan menginspirasi untuk menulis, juga karena Penulisan
KTI atau artikel membutuhkan wawasan untuk rajin membaca baik buku cetakan atau
e book.
Macam-macam penelitian
1.
Deskriptif.
2.
Penelitian
eksperimen ( penelitian murni) dan
3.
Penelitian
Tindakan Kelas ( PTK)
PTK seharusnya bisa dilaksanakan oleh guru karena dari sumber berasal dari kejadian sehari-hari
saat mengajar dan dituangkan dalam bentuk tulisan.
Langkah-langkah penyusunan PTK
Format PTK
Halaman
Judul
Halaman
pengesahan
Abstrak
(Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris masing-masing 150-250 kata)
Kata
pengantar
Daftar
Isi
Daftar
Tabel
Daftar
Grafik
Daftra
Gambar
Daftara
Lampiran
Format Laporan PTK
BAB I PENDAHULUAN
A.
Masalah dan latar belakang
masalah
Uraikan secara
lugas masalah yang ingin ditanggulangi, penyebab timbulnya masalah tersebut,
dan tingkat masalah yang ingin ditanggulangi oleh peneliti.
B.
Rumusan masalah
Uraikan secara singkat bentuk tindakan
yang akan diambil (misal:
mengapa berbasis Teknologi Informasi
dan Komunikasi/ TIK?), argumentasi teoretik dan/atau empirik pemilihan
tindakan, dan rumuskan hipotesis tindakan sebagai landasan tindakan yang
digunakan (bila dipandang memungkinkan).
C.
Tujuan penelitianUraikan hasil
penelitian yang diharapkan (anticipated results) dari penelitian ini.
D.
Ruang Lingkup PenelitianSebutkan lingkup
atau batas- batas tindakan yang akan diambil peneliti.
E.
Manfaat penelitianUraikan secara
jelas manfaat hasil penelitian bagi sekolah (misalnya: pengembangan
kurikulum, kebijakan, guru, maupun siswa, dsb.)
BAB II :
PEMBAHASAN, KERANGKA PIKIR DAN HIPOTESIS
A.
Pembahasan
Uraikan dengan seksama dan deskriktif variabel penelitian
anda (Uraikan variabel X dan Y)
B.
Kerangka pikir : adalah sintaks
dari hasil analisa variabel penelitian yang berbentuk skema yang menghasilkan
sebuah pernyataan
C.
Hipotesis : berisi dugaan sementara calon peneliti terkait variabel
penelitian yang biasanya ditandai dengan kalimat :jika... maka...
BAB III : PROSEDUR PENELITIAN TINDAKAN KELAS
A. Setting Penelitian: Sebutkan lokasi
penelitian, waktu penyelenggaraan penelitian (misal: Semester I, II, bulan, tahun, dst.), dan
karakteristik kelompok sasaran yang menjadi subjek penelitian, serta bentuk
aktivitas penggunaan ICT dalam pembelajaran.
B.
Prosedur Penelitian
Gambaran umum Penelitian. Uraikan gambaran
umum penelitian yang dilakukan termasuk jumlah dan prosedur siklus penelitian
yang dilakukan.
Rincian Prosedur Penelitian
a. Persiapan Tindakan.
a. Persiapan Tindakan.
Sebutkan persiapan apa saja yang dilakukan (seperti analisis
diagnostik untuk menspesifikasi masalah dan rincian
penyebab timbulnya masalah), pembuatan alat-alat berbasis TIK dalam
rangka tindakan, dan lain-lain yang terkait dengan pelaksanaan tindakan di
kelas.
b.Implementasi Tindakan Deskripsikan tindakan yang akan
diambil, skenario kerja tindakan, dan prosedur tidakan yang digunakan peneliti.
c. Pemantauan dan Evaluasi.
Uraikan Prosedur pemantauan dan evaluasi tindakan, alat- alat pemantauan dan
evaluasi yang digunakan, beserta kriteria keberhasilan tindakannya.
d. Analisis dan Refleksi .
Uraikan prosedur analisis hasil pemantauan dan
refleksi terhadap tindakan yang telah diambil, tim yang terlibat dalam analisis
hasil pemantauan dan refleksi, kriteria dan rencana bagi tindakan daur ulang.
BAB IV: HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Sajikan hasil penelitian atau temuan setelah tindakan dilaksanakan dan
penyajian temuan harus sesuai dengan masalah yang telah dirumuskan, dan
dilakukan pembahasan secara lengkap tentang temuan atau hasil PTK tersebut.
Pembahasan hendaknya memberikan penjelasan tentang kegagalan maupun
keberhasilan penerapan TIK dalam pembelajaran, tentu bila salah satu atau
keduanya ada, suatu tindakan
BAB V : SIMPULAN DAN SARAN
A.
Simpulan
Simpulkan hasil penelitian yang
diperoleh secara lengkap, sesuai
dengan masalah yang
diteliti
B.
Saran-saran
Ajukan saran- saran untuk penerapan
hasil penelitian dan kemungkinan penelitian lebih lanjut dimasa mendatang.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. Silabus
2. Materi
Ajar
3. RPP
4. Media
Pembelajaran
5. Nilai
dan daftar hadir siklus 1-3
6.
Lembar Pengamatan Aktivitas Guru
7.
Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa
8. Foto
kegiatan Penelitian
9. Lampiran lain-lain ( Undangan
Seminar, Panitia Seminar, Notulen Seminar, Surat Pernyataan Keoriginal
Penelitian , Surat Keterangan Waktu Penelitian , Penyerahan PTK ke Perputakaan
Sekolah
Contoh Abstrak
Wilandari, Rahmi. 2018. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe
Make a match( Mencari Pasangan)dengan Media Kartu Remi untuk meningkatkan Ketuntasan Belajar
Siswa Materi Permintaan dan Penawaran
Di Kelas X IIS 1 SMAN 21 Surabaya
Penelitian ini
dilakukan dengan tujuan menerapkan pembelajaran
Kooperatif Tipe Make a Match ( Mencari Pasangan ) dengan Media Kartu Model Remi untuk meningkatkan
Ketuntasan belajar Siswa kelas X
IIS1 di SMAN 21 Surabaya. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari 3
siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X
IIS1 SMA Negeri 21 Surabaya.Tehnik
Analisa data untuk validitas soal menggunakan rumus korelasi Product Moment
Pearson
Kesimpulan
dari hasil penelitian bahwa : (1)
Rata-rata hasil Belajar siklus pertama
76,49 pada siklus kedua rata-rata hasil belajar : 78,92 dan pada siklus
ketiga rata-rata hasil belajar : 84,32 ,
(2) Pada siklus pertama siswa yang dinyatakan tuntas sebesar 64,86 %, sedangkan
untuk siklus kedua siswa yang dinyatakan tuntas sebesar 75,68 % untuk siklus
ketiga yang tuntas 89,19 %. (3) adanya respon positif dari siswa terhadap
penerapan Kartu Model Remi sebagai media pembelajaran. Berdasarkan angket
respon siswa sebagian besar siswa setuju dan sangat setuju dengan penerapan
pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan Kartu Model Remi. Hal ini
dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran
Kooperatif tipe Make a Match dengan Media Kartu Remi dapat meningkatkan
ketuntasan Belajar Siswa di SMAN 21 Surabaya
Kata kunci : Kooperatif
Make a Match , Ketuntasan Belajar
Siswa, Media Kartu Model Remi
Abstrack
Wilandari, Rahmi. 2018. Application of Cooperative Learning Type Make a
match (Looking for Couples) with Playing Card Media to enhance Student Learning
Completeness Request and Supply Materials
In Class X IIS 1 of SMAN 21 Surabaya
This research was
conducted with the aim of applying Cooperative Learning Type Make a Match
(Looking for Couples) with the Media Rummy Model Card to improve the mastery
learning of Grade X IIS1 students at SMAN 21 Surabaya. This type of research is
a classroom action research (CAR), which consists of 3 cycles. The research
subjects were students of class X IIS1 of SMA Negeri 21 Surabaya. Data Analysis
Techniques for the validity of the questions using the Pearson Product Moment
Correlation Formula
Conclusions from the
results of the study that: (1) The average learning outcomes of the first cycle
76.49 in the second cycle the average learning outcomes: 78.92 and in the third
cycle the average learning outcomes: 84.32, (2) In the cycle first students who
declared complete by 64.86%, while for the second cycle students who were
declared complete by 75.68% for the third cycle who completed 89.19%. (3) there
is a positive response from students towards the application of the Rummy Model
Card as a learning medium. Based on student response questionnaires, most
students agreed and strongly agreed with the application of Make a Match type cooperative learning with Rummy
Model Cards. It can be concluded that the Cooperative Learning type Make a
Match with Rummy Card Media can improve the completeness of Student Learning in
SMAN 21 Surabaya
Keywords: Cooperative Make a Match, Student Learning Completeness, Media
Rummy Model Cards
Artikel ilmiah
Untuk Penulisan Artikel Ilmiah yang sedang ( 1500 -2000 kata ) kita bisa
menuliskan dalam beberapa Paragraf
-
Paragraf 1 (
berisi Pengantar dan Permasalahan )
-
Paragraf 2-10 (
Pembahasan dan Cara / Altenatif Pemecahan / Solusi )
-
Paragraf ke 11 ( Kesimpulan )
-
Kertas ukuran A4 3- 4 halaman dengan
spasi 1,5
-
Jika untuk Lomba tergantung permintaan
panitia
Untuk artikel Ilmiah pendek 500 -1000 kata sdh bisa
menjadi artikel Ilmiah ( Jawa Pos )
Mengikuti Lomba dan Juara
Pertama
kali mengikuti lomba KTI ( PTK) tahun
2013. Awal melakukan penelitian tidak mempuyai target untuk menang hanya cari
pengalaman. Saat itu gencar-gencarnya workshop tentang penulisan PTK dan Karya
Ilmiah. Banyak guru penasaran bagamana
menulis PTK dan hasilnya belia memperoleh juara 3.
Menurut
beliau “Sebuah keberhasilan harus disertai usaha, semangat serta kerja keras”. Dan
pesan beliau “Mulailah belajar disiplin diri menulis setiap hari. Insya'allah
kalau sdh terbiasa akan enak, dan kecanduan
untuk selalu menulis dan menulis”.
Pertanyaan
1,
Saya
ingin bertanya ibu Rahmi...tadi dari paparan ibu ada penelitian deskriptif,
tolong ibu jelaskan penelitian deskriptif itu contohnya yang bagaimana dan
apakah bisa digunakan sebagai karya tulis ilmiah Bu. Matur nuwun
Saya
Rachmi dari Banyuwangi
Jawaban
Jawaban
Penelitian diskriptif : peneliti mampu mengidentifikasi mengapa, apa dan bgmn fenomena sosial... Banyak sekali
gejala sosial yg terkadang kita bisa memprediksinya.
Pertanyaan 2
Ass wr.wb.
1.Kriteria judul PTK yg bagus spt apa biar tdk tertolak
2. Bentuk artikel ilmiah bagaimana dan apa syarat2 yg hrs dpenuhi dlm isi artikl tsb
3. Cara krm artikl ke media spt majalah, jawa pos...
Mhn maaf krn msh pemula mhn bimbingannny.tks🙏🏻
Jawab.
Untuk judul PTK dari kegiatan kita mengajar
bisa kita jadikan PTK....
Pertanyaan
2, Slmt sore ibu,
apakah
PTK wajib menggunakan sebuah model atau metode pembelajaran? Dan apakah mutlak
3 siklus yang ada dalam sebuah PTK? Tks bu. Yulius Roma-Tana Toraja
Pertanyaan
3,
uh.
Said Makassar.
Salah
satu faktor penghambat kenaikan pangkat guru adalah kekurang mampuan meneliti
dan menulis karya ilmiah seperti PTK.
Pertanyaan
:
1.
Ciri utama PTK adalah adanya siklus. Bagaimana kalau hasil penilaian siklus 1
ke siklus 2 menurun ?
2.
PTK diseminarkan disekolah. Bagaimana prosedurnya ?
Pertanyaan 4,
Selamat siang bunda Rahmi. Saya
Pajarwati dari Tangerang.
Dalam
pembuatan PTK itu awalnya adalah problem dalam kelas yg akan d perbaiki.
Treatmen apa yang dilakukan supaya PTK itu benar2 sebuah penelitian, karena
terkadang guru hanya mengejar target
untuk kenaikan pangkat belaka .
Pertanyaan
5,
Trimakasih
Ibu Rahmi buat ilmunya. Dalam penulisan PTK, sumber utamanya kan kita guru,
berdasarkan temuan2 kita saat mengajar, adakah sumber2 tambahan dari luar yg
Ibu ambil sebagai referensi dalam Penulisan PTK bu?.
Pertanyaan
6,
Yth.Ibu Rahmi, perkenalkan saya bu Beni dr Bojonegoro, saya pernah lomba
Best Practice sesuai dengan ketentuan dr panitia, namun setelah presentasi ada
komentar bebrapa orang mengatakan bahwa best practice sya terlihat seperti PTK,
yang mau saya tanyakan apa perbedaan signifikan antara PTK dan best practice?,
mengingat keduanya sama2 mencari solusi dengan menerapkan strategi tertentu. Terima
kasih
Salam
Pertanyaan
7,
Ibu,
mhn penjelasan perbedaan pembahasan pd HASIL dan PEMBAHASAN. Sy kdg keliru
antara HASIL dan PEMBAHASAN. Terima kasih.
Isminatun
Sukoharjo
Pertanyaan
8,
assalamualaikum
ibu.. saya sumarjiyati dari Gk,yang mau saya tanyakan buk.. saya lihat di ppt
abstrak menggunakan bahasa inggris. apakah abstrak di dalam ptk harus menggunakan bhsa inggris
buk? terimakasih
Pertanyaan
9, Assalaamu'alaikum bu rahmi, sy sri indayani dr lamongan. Yg saya tau di
sekitar sy biasanya ptk datanya tdk asli krn mencari data nilai asli seperti yg
diharapkan susah banget. Bagaimana tipsnya agar saat melakukan penilaian
didapatkan nilai spt yang diharapkan saat membuat ptk shg data nilai yg dipakai
asli?
Pertanyaan 10,
Ass.Bu Rahmi
Saya
tdk pandai merangkai kata2 untuk menjadi sebuah kalimat n menjadi sebuah
paragrag yg enak utk dibaca..Bgmn Cara memulainya..saya hy punya tekad
kuat..sperti..kt. Om Jay..Write or Die..?..mhon bimbingannya ..trmksh
Tahun
2017 saya dan murid saya tentang layanan non tunai, dengan tehnik wawancara. Ternyata pelayanan
sekarang lbh banyak menggunakan E Money... pernah mengadakan penelitian
diskriptif
Jawaban
PTK minimal hrs 2 siklus, 3 siklus lbh baik. Di PPT saya ada lampiran
apa saja yg diperlukan supaya PTK tdk ditolak.
Pertanyaan 11,
assalamualaikum bu Rahmi, saya
eti haryati dari Bogor. saya terus terang lemah sekali dalam menulis terutama
dalam merangkai kata. bagaimana tip untuk supaya ada keterampilan dalam
merangkai kata sehingga menjadi tulisan yang menarik?
Jawaban
Kalau
pakai media pembelajaran maka PTK ada 3
variabel, dan hrs ada lembar pengamatan
penggunaan Media...
Jawaban
Yah...
Penelitian dari siklus 1 ke siklus 2 dan siklus 3 ya hrs ada peningkatan .Guru
kan dalang bgmn menjalankan lakon agar bisa meningkat.... 🙏🙏😃😃💪
Pertanyaan
12,
Asalamualaikum bu rahmi saya Donieks .S dari
Palangka Raya. Saya mau bertanya gimana penulisan yang menarik pada PTK
Pertanyaan
13,
Apa
ciri -ciri artikel yang mudah dimuat di media
cetak, Sri Budi gresik
Jawaban
Nah...
Pandangan ini yg salah ibu. Jangan membuat PTK krn mau naik pangkat, usahakan 1 tahun Pelajaran minimal 1
PTK, jd pas naik pangkat aman dan tenang
krn kita sdh siap buka PTK yg jahitkan. Maksud
saya bukan PTK hasil jahitan... 🙏🙏
Jawaban:
Dari luar maksudnya buku2 bacaan? Untuk referensi tahunnya hrs 10 tahun ke
belakang, jd kita cari judul dan
pengarang yg sama tapi edisi terbaru
Jawaban
Antara PTK dan Best Practice tdk sama
ibu. Best Practice pengalamsn terbaik.
Utk lbh jelasnya lihat buku 4 dan buku 5 Pedoman Kenaikan pangkat.
Jawaban
Hasil Penelitian menggabarkan bgmn hasil
penelitian dari siklus 1- 3 disertai data tabel hasil Penelitian.
Jawaban
Penelitian
diskriptif : peneliti mampu mengidentifikasi mengapa, apa dan bgmn fenomena sosial... Banyak sekali
gejala sosial yg terkadang kita bisa memprediksinya.
Jawaban
Yah...
Penelitian dari siklus 1 ke siklus 2 dan siklus 3 ya hrs ada peningkatan .Guru
kan dalang bgmn menjalankan lakon agar bisa meningkat.... 🙏🙏😃😃💪
Jawaban
Nah... Pandangan ini yg salah ibu. Jangan
membuat PTK krn mau naik pangkat,
usahakan 1 tahun Pelajaran minimal 1 PTK, jd pas naik pangkat aman dan tenang krn kita
sdh siap buka PTK yg jahitkan... 🙏🙏
Jawaban
Dari luar maksudnya buku2 bacaan? Untuk referensi
tahunnya hrs 10 tahun ke belakang, jd
kita cari judul dan pengarang yg sama tapi edisi terbaru
Jawaban
Antara
PTK dan Best Practice tdk sama ibu. Best
Practice pengalamsn terbaik. Utk lbh jelasnya lihat buku 4 dan buku 5 Pedoman
Kenaikan pangkat.
Jawaban
Hasil
Penelitian menggabarkan bgmn hasil penelitian dari siklus 1- 3 disertai data
tabel hasil Penelitian.
Jawaban
Cukup jelas dan gamblang meskipun sedikit agak
repot utk mengolah data, grafik dan
tabel...
Jawab
Saya
ibu setiap menyusu RPP satu semeter, saya sdh merencanakan bab mana yg akan
saya buat PTK, dan kira2 siswa mengalami
kesulitan, dan pakai metode apa, model
pembelajarannya bgmn jd betul2 saya persiapkan...
pertanyaan
14,
Saya
mau tanya bahwa Penulis artikel ada macamnya : penulis Umum ada Penulis buku
teks keduanya apa memiliki ciri penulisan yang berbeda atau bagai mana untuk
memulai menulisnya. Dari Donieks. Palangka Raya
Jawaban
Ibu
idealnya abstrak itu ada bahasa Indonesia dan ada yg bahasa Inggris. Dengan membuat PTK kita bisa
mendapat: Jurnal Ilmiah baik cetak atau online, PTK jg hrs
diseminarkan, ada berita Acara, ada undangan dll seperti dalam PPT saya, insya'allah nilai 4, dan jng lupa ada bukti
Surat Keterangan Penyerahan PTK ke Petugas Perpustakaan pasti lolos kenaikan
pangkatnya... 💪💪💪
JAWABAN
Ibu saya jg bukan orang yg pandai merangkai
kata. Tapi saya berusaha banyak membaca PTK org lain lnternet, lalu saya tulis, setelah selesai saya baca berulang2, saya
tunjukkan ke teman guru Bhs Indonesia,
tlnh dikoreksi kekurangannya dimana, sampai bisa jd paragraf yg enak
dibaca...
Pertanyaannya
hampir sama dengsn pertanyaan no 10 💪🙏
Jawaban
Menarik
atau tdk tergantung kita merangkai kata2, bahasa Indonesia yg baik, titik,
koma dan Huruf besar dan huruf kecil tepat pengunaannya.
Pertanyaan
15
Assalamualaikum
Bu Rahmi,,saya noralia dari Semarang..
Ijin
bertanya
Apakah
mutlak kalau penelitian di sekolah harus menggunakan PTK?
Karena
setahu saya ada berbagai jenis penelitian yaitu eksperimen,
deskriptif/kualitatif, R&D dan PTK itu sendiri.
Apakah
tidak boleh jika kita memilih penelitian R&D atau eksperimen yang ada kelas
eksperimen dan kelas pembanding, terlepas ini nantinya digunakan atau tidak
sebagai syarat kenaikan pangkat.
Terimakasih
Jawaban
Menarik
atau tdk tergantung kita merangkai kata2, bahasa Indonesia yg baik, titik,
koma dan Huruf besar dan huruf kecil tepat pengunaannya.
Jawaban
Ibu
menulis artikel bisa dari kejadian, peristiwa atau gejala yg ada disekitar kita
sehari2. Contoh apa dampak Pandemi Covid -19 thd ekonomi masyarakat. Atau dengan
adanya Pandemi Covid 19 masalah apa yg dihadapi orangtua peserta didik cukup
tulis 500-1000 kata, ada masalah, ada bahasan,
ada solusi kirim ke redaksi majalah atau surat kabar, dapat COIN dan
POINT. Coin dpt honor, POINT dpt nilai 2
utk kenaikan pangkat jika majalah/surat kabar Nasional. Kalau surat kabar dan
majalah regional / provinsi nilai 1, 5
Jawaban
Penulis
Umum itu bisa menulis buku teks Pembelajaran,
kalau yg khusus menulis buku ilmiah atau buku Motivator
Jawaban
Boleh
ibu, utk unsur utama kenaikan pangkat tdk harus PTK, bisa Artikel Ilmiah yg sdh dipublikasikan di
Majalah atau Surat Kabar lokal atau Nasional.
Jawaban
Semakin
sering menulis artikel, dan semakin
sering pula dimuat di Surat kabar Regional atau Nasional, maka semakin banyak tabungan Publikasi
Ilmiah. Semakin cepat naik pangkat,
dengan jujur dan bermartabat. Dan bukan sebagai guru Plagiat.. 🙏🙏🙏
Jawaban
Riset
and Development jg bisa, kebetulan saya
pengampu mapel PKWU bisapakai R & D 🙏🙏🙏💪😃💪
Pertanyaan 16
Assalamu'alaikum
buk Rahmi, saya Ratna dari Sigli. Ingin
menanyakan apa perbedaan jurnal, artikel dan PTK. Trima kasih
Artikel
sedang antara 1500-2000 kata, artikel
berasal dari fenomena / kejadian disekeliling kita, ada permasalahan, pembahasan dan kesimpulan
tanpa / dengan penelitian. Jurnal adalah ringkasan dari PTK, yg diringkas menjadi kurang lebij 10-15
halaman, jika jurnal online kata2
plagiat dalam jurnal minimal 30% dari keseluruhan kata dlm jurnal.
Kesimpulan
:
-
Marilah kita membiasakan menulis setiap
hari sedikit demi sedikiy lama jd bukit... Eeh Buku
-
Hari ini pertanyaan terbanyak seputar PTK,
ada juga artikel dan Best Practice
-
Untuk PTK minimum 2 siklus, alangkah
lebih baik jika 3 siklus
-
Untuk merangkai kata kata dalam PTK perlu banyak membaca dan latihan
-
PTK menggunakan 2 variabel yakni variabel X dan Y. Apakah perlu pakai metode /
model. Kalau metode itu metode Ceramah, diskusi kelompok atau pemberian tugas.
Kalau model bisa menggunakan Cooperative Learning, PBL atau PJBL. Cooperative
Learning ada Think Pair Share, Make a Match dll
Jawaban
Utk menulis artikel dimajalah atau surat
kabar, dng 500- 1000 kata sdh jd artikel
asal dalam paragraf sdh ada latar belakang. permasalahan dan paragrag
berikutnya solusi 6-9 paragraf, paragraf
ke 10 ada kesimpulan.Terkadang tiap penerbit punya aturan dan kriteria yg
berbeda.
jawaban-
Menulis selain bisa menjadi hobi atau kebiasaan jika kita bisa mencoba mengirim ke Surat kabar / majalah bisa
mendapat COIN dan POINT.Semakin sering menulis dan dipublikasikan semakin cepat
naik pangkat jujur dan bermartabat.
Sekian dulu resume/ kesimpulan workshop belajar menulis hari ini.Jika
ada kata2 atau tulisan yg tdk berkenan saya mohon maaf yg sebesar2nya.Saya disini
bukan yg paling pintar, tetapi kita belajar
sharing bersama agat bisa menjadi guru yg hebat, profesional dan berkompeten.. Dan selamat
menunaikan ibadah suci Romadhon bagi yg menunaikannya. Wass Rahmi Wilandari
Jawaban
Pertanyaannya
salah. Artikel dl jurnal adalah artikel ilmiah hasil penelitian dan nonhasil
penelitian. Yg dlm.koran atau majalah adalah artikel ilmiah populer.
Jawaban
Ya.
Saya mengikuti. Saya baca pertanyaannya tadi dan yg salah pertanyaannya .
Banyak yg bilang menulis jurnal, padahal.menulis artikel.ilmiah dalam jurnal.
Jawaban:
Artikel.ilmiah hasil penelitian dlm jurnal hrs diambil dr laporan hasil
penelitian, salah satunya adalah PTK.
Kalo boleh ijin Copy ya Bu ..e Bu apa Mbak ya...lahir 67 masih kelihatan muda,awet muda...hmhm.Keren resumnya.
BalasHapusBoleh pak... masih belajar.
BalasHapus