BANG ARIF SANG PEMENANG INOBEL
Resume: Berbagi Pengalaman Mengenal Inovasi Pembelajaran di Ajang
Nasional
Har/tanggal: Selasa , 12 Mei 2020
Pukul :13.00-15.00 WIB
Topik :
Berbagai Pengalaman Mengenal Inovasi Pembelajaran di Ajang Naional
Pembicara: Arif Darmadiansah
Moderator: Bambang ayah Salwa
Peresume: Fitran Sari (fitransari67@gmail.com)
BANG ARIF SANG PEMENANG INOBEL
Oleh; Fitran Sari
Hari ini kami selasa, 12 Mei 2020 kembali dipertemuan dengan
Guru muda berpretasi yang membagi pengalaman menjadi juara diajang nasional.
Materi kali ini yang diagkat adalah “ Berbagai Pengalaman Mengenal Inovasi
Pembelajaran di Ajang Naional”. Untuk mengenal lebih dekat dengan Bang Arif
dibawah ini dilengkapi dengan biodata. Bang Aarif seorang guru yang kreatif
disebabkan karena keterbatasan alat peraga, media pembelajaran atau fasilitas
pembelajaran. Mata pelaaran pak arif sangat membutuhkan fasilitas untuk
praktikum siswa. Pak arif mengajar pelajaran Biologi, untuk menunjang kegiatan
pembelajaran sangat membutuh sarana dan prasarana seperti Laboratorium dan
kelengkapan alat-alat laboratorium. Namun hal ini tidak dimiliki oleh Bang Arif. Lokasi tempat mengajar Bang Arif termasuk daerah yang amat sangat sangat
terluar. Hal ini sangat memerlukan kreativitas yang tinggi dari guru termasuk Bang Arif. Adapun biodata Bang Arif dapat dibaca dibawah ini.
BIODATA
Nama Lengkap : Arif Darmadiansah,
S.Pd., Gr
Bidang Keahlian : Biologi dan Komputer
Instansi : SMA Negeri Probur, Kab Alor,
Prop Nusa Tenggara Timur
Alamat rumah : Teluk Mutiara (depan PMI
kalabahi) Nomor 50 Kabupaten Alor Nusa
Tenggara Timur (NTT)
Prestasi yang pernah diraih:
1. Juara II Inovasi Pembelajaran
Jenjang SMA/SMK Tingkat Nasional - 2016
2. Finalis Lomba Pendidikan Karakter
Bangsa Jenjang SMA/SMK Tingkat
Nasional – 2017
3. Penerima Research Grant SEAMEO –
2017
4. Juara I Inovasi Pembelajran Jenjang
SMA/SMK Tingkat Nasional – 2018
5. Peserta Shortcourse Digital Tool
MOOCs di Charles Darwin University – 2019
6. Delegasi Indonesia dalam Shortcourse
Asessment Purpose for teacher science
Recsam Penang – Malaysia – 2019
7. Juara I Guru Dedikasi Tingkat
Nasional Tahun 2019 Judul Buku dan Tahun
Terbit (10 Tahun Terakhir): 1. Digital Learning 4.0 untuk Pendidikan
Indonesia ISBN 978-623-91182-6-6 Tahun 2019
2. Merajut benang kemandirian melalui
tambang kemaritiman ISBN 978-602-
6245-27-4 Tahun 2019
3. Jurnal : Engineering Edu Jurnal
Ilmiah pendidikan dan Ilmu Teknik. LIPI.
(2017)
4. Jurnal : Prosiding Lomba Inovasi
pembelajaran Kesharlindung Dikmen
Kemdikbud. (2017)
5. Buku Latihan : Biologi GOKIL 100%
(Gol Kilat Tembus Nilai 100 UN) (2016)
6. Buku Pelajaran :Biologi 2 Untuk SMA
Kelas XI Semester 2 (2015)
7. Buku Latihan : IPA 100% GOKIL (Gool
Kilat Tembus Nilai 100) Ujian Nasional
(UN) SMP (2014)
8. Buku Latihan : Tembus PTN (Perguruan Tinggi
Negeri) (2013)
9. Buku Latihan : IPA 100% GOKIL (Gol Kilat
Tembus Nilai 100) UN dan USBN
Sekolah Dasar (SD) (2013)
Sebelum memulai berbagi pengalaman terlebih
dahulu Bang Arif menyapa peserta, kali
ini sebagai moderator@ bambang ayah salwa.
Dengan mengucapkan salam kenal untuk
bapak/ibu guru yang hebat, mohon izin untuk berbagi pengalaman mengenai kompetisi
Inobel di Tingkat Nasional. Bang Arif
guru Biologi aslinya Solo namun mengabdi di Alor NTT seperti yang sudah
digambaran awal. Selanjutnya Bang Arif meminta peserta menyimak terlebih dahulu mengenai inovasi yang
pernah dilakukan dalam video youtube yang sudah di share.
Awal mengikuti lomba 2016
Pertama kali mengikuti Inobel tahun 2016 itu dari sebuah ide
atau gagasan sederhana. Bang Arif ingin membuat kelas menjadi menarik dan
menyenangkan, selain itu kualitas pembelajaran juga kurang optimal, dan yang
utama tiada sarana prasarana yang mencukupi. Ide inovasi bisa muncul dari sebuah masalah
atau potensi atau jelasnya banyak
masalah. Dari ide kemudian dipikirkan kira-kira mampu dan bisa tidak diterapkan
di sekolah dengan kondisi sekolah Bang Arif yang tidak ada listrik dan sinyal
telepon apalagi internet. Kemudian
mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah produk. Produk yang dimaksud bisa berupa
media, bahan ajar, atau lainnya. Menuliskannya
menjadi sebuah karya ilmiah dan bersiap untuk mengikuti kompetisi
Bentuk Karya ilmiah dan Link
Karya ilmiah dapat berupa penelitian tindakan kelas,
eksperimen atau yang dibuat pengembangan (R&D), ini untuk jenjang dikmen. Karena
setiap jenjang berbeda kaidahnya. untuk
dikmen bisa di akses portal kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id dan untuk
dikdas kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id Tu https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id/&ved=2ahUKEwjnieLbyq3pAhWMf30KHSp1AdgQFjAAegQIBhAD&usg=AOvVaw1mpfWejapwzbEz7nKmAdtc ( mohon maaf itu link kesharlindung
nya) . Pendaftaran dan seleksinya melewati portal itu. Terbuka untuk semuanya.
Ada beberapa syarat administrasi yang diminta misalkan surat peryataan aktif
mengajar, surat bukan kepala sekolah, dan lainnya
Tahap seleksi untuk mengikuti lomba
Tahap pertama seleksi administrasi kemudian dilakukan
penilaian proposal penelitian. Apabila lolos maka akan mendapatkan undangan
bimtek dari kemendikbud. Setelahnya melakukan penelitian pelaksanaan disekolah,
dan mengirim kembali ke portal sebagai
laporan akhir penelitian. Selanjutnya dilakukan seleksi dan didapatkan peserta
finalis yang akan kembali di undang untuk mempresentasikan hasil karya
ilmiahnya. Untuk jenjang SMA ada 3 bidang SMA, SMK dan sekolah Inklusi. Sedangkan untuk jenjang dikdas langsung mengirim laporan hasil penelitiannya.
Bidangnya ada IPA, SOSHUM dan lainnya. Waktu
tahun 2016 diambil 100 peserta yang lolos sebagai finalis. SMA 50 dan SMK 50.
waktu itu belum ada Inklusi.
Format lomba tahun2018
Tahun 2018 format dibedakan kembali. Ada kategori utama bagi
peserta yang pernah juara, madya yang pernah masuk finalis namun belum juara
dan pemula bagi yang pertama kali mengikuti. Tes yang dilakukan saat babak
final meliputi tes tertulis, tes presentasi dan laporan hasil penelitian. tes
tertulis berisi soal peadagogik pilihan ganda 100 soal. tahapan lomba inovasi paling tidak seperti itu
bapak ibu, nanti bisa ditambahkan apabila ada yang terlupa.
Inovasi yang dilakukan
Sekarang mengenai inovasi yang dilakukan di sekolah. Sekolah Bang Arif terletak di ujung alor. Daerah 3T kalau orang bilang. Terpencil,
terluar, terdalam dan ter ter lainnya. berada di puncak perbukitan, berbatasan
langsung dengan negara tetangga Timur Leste yang dipisahkan oleh selat. Bila mau
menyeberang ke Dili lebih dekat daripada
ke Kupang bila naik kapal atau pesawat. Minimnya sarana prasarana membuat
kegelisahan dan tantangan untuk berbuat lebih baik
Inovasi Tahun 2016
Inovasi tahun 2016 terinspirasi dari sebuah proyektor
hologram 3d. Bang Arif ingin menjelaskan Invertebrata tapi anak-anak tidak punya
gambaran sama sekali. biar menarik Bang Arif mencoba membuatnya. Pertama media terbuat
dari mika tutup CD bekas, yang dibentuk
seperti prisma sebagai tempat hologramnya dan HP android sebagai penayang video atau
gambarnya. Mika CD Bang Arif diperoleh dari teman guru, bekas atau bisa disebut
limbah. Namun setelah lolos masuk finalis Bang Arif mengganti menjadi akrilik, yang dibeli
di toko harganya 30 ribu seukuran kertas A4. Tampilannya lebih jelas, gambarnya juga
detail tidak kusam. Bang Arif menggunakan metode pengembangan atau R&D dalam
penelitiannya. Setelah produk jadi maka meminta pengawas sekolah untuk menilaikan dan hasilnya valid Atau layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Selanjutnya media diujicobakan ke anak dan mendiseminasikan
ke teman guru lain, hasil yang didapat minat dan hasil belajar anak meningkat.
Inovasi Tahun 2018
Sudah mempunyai gambaran dan pengalaman sebelumnya, jadi
lebih siap dengan apa yang harus dilakukan. Media kali ini Pak Arif dinamakan Millea : Mikroskop Lensa Laser Tenaga Surya. Ide diperoleh juga saat mau pembelajaran struktur tumbuhan,
tidak ada mikroskop untuk pengamatan. Padahal biologi 40 persen praktek di Laboratorium
yang membutuhkan alat salah satunya mikroskop, media ini juga sederhana. Hanya HP
yang ditambahi lensa laser bekas mainan anak-anak yang biasa dipakai untuk
sorot, sehingga perbesarannya bertambah. Media ini sudah cukup untuk dapat melihat
struktur anatomi tumbuhan. walaupun
belum maksimal namun ada hal baru yang anak dapat.
Dari ke dua ide
tersebut, Bang Arif beruntung mendapatkan nomor juara. Dengan rendah hati Bang Arif mengatakan: “Mungkin kasian melihat
saya guru kampung yang jauh-jauh datang ke Ibukota untuk belajar”. Memang dari
awal niatnya hanya buat belajar, bukan ikut berkompetisi. Tahun 2108 ikut ambil
bagian untuk berkompetisi dan sisanya
bonus saja. Sehingga dapat berkenalan
dengan teman guru se Indonesia, karena
tidak menyangka saja, Bang Arif yang biasa di hutan bisa berada di tengah-tengah
mereka.
Demikian Bang Arif bagikan pengalaman mengikuti lomba
Inobel kurang lebihnya Pak Arif mohon
maaf, dan bisa disambung dengan
tanyajawab.
Pertanyaan 1.
Yth.Bpk Arif
Pak Arif Achmad Husin dari Bangka .pertanyaan Pak Arif.
inovasi pddkn yg bgmn,yg dpt mbuat guru sukses ikut
olimpiade ?....trimkasih Pk.Arif..ats ilmunya
Jawaban
Terimakasih pak Achmad
dari Bangka. Menurut Pak Arif, Bidang inovasi itu banyak sekali pak.
Tergantung tujuannya apa. Dari pertanyaan bapak bagaimana agar sukses mengikuti
olimpiade? inovasinya apa. Ini untuk guru atau siswa pak? strategi pembelajaran
mungkin bisa dijadikan sebagai inovasi untuk tujuan tersebut.
Pertanyaan 2
Perkenalkan Pak Arif Rachmi dari Banyuwangi, mau tanya utk
om Arif...menarik sekali penelitian karya ilmiah yang dilakukan
menjelaskan.invertebrata menggunakan akrilik sebagai hologram dan millea utk
anatomi tumbuhan pengganti mikroskop, pertanyaan Pak Arif 2 ide itu yg akhirnya
juara atau yang millea saja? Boleh share foto media milleanya?
Jawaban
Terimakasih bu Rachmi, untuk yang hologram mendapatkan juara
2 tahun 2016. Dan Millea juara 1 kategori utama tahun 2108. Medianya sudah Pak
Arif bagikan di youtube ibu.
Pertanyaan 3
Sangat kreatif, memang pantas menjadi juara
Pertanyaan 3
Sy, Asfia dari Kudus
Bp. Arif mohon idenya untuk karya inovatif utk mapel kimia
yg bermanfaat dan tidak sulit utk anak sekolah, terimakasih
Jawaban
Terimakasih ibu Asfia, kimia masih serumpun dengan mapel Pak
Arif ibu. dan terkadang Pak Arif juga ikut mengajar kimia. Karena tidak ada
guru kimia. Kalau ditanya ide, setiap permasalahan di sekolah beda-beda ibu.
Media yang Pak Arif buat jelas tidak dapat digunakan di Kudus.
Namun Pak Arif melihat anak-anak saat ini sangat tertarik
dengan dunia digital. Siswa Pak Arif yang dikampung saja punya android, padahal
tidak bisa dipakai. Mungkin itu bisa dimanfaatkan sebagai potensi untuk
mengembangkan sebuah media digital bagi mereka.
Pertanyaan 5
Assalamualaikum pak Arif,Pak Arif Nora dari Semarang,,mohon
maaf sebelumnya,,pak Arif apakah lulusan Unnes? wajah nya sepertinya Pak Arif
familiar. Tapi mohon maaf jika salah.
Ada beberapa hal yang
Pak Arif tanyakan
1. Bagi guru 2 yang ingin ikut kompetisi seperti itu tetapi
terhalang NUPTK yg blm keluar, apakah pak Arif mempunyai kekuatan info terkait
lomba yang tidak mempermasalahkan NUPTK?
2. selama pandemi, inovasi apa yg bapak lakukan ketika
mengajar? Terkait kita harus WFH dan siswa LFH?
3. Untuk mikroskop tadi, preparat yang digunakan tetap
preparat pada umumnya ataukah bagian tumbuhan asli?
Jawaban
betul ibu Pak Arif lulusan Unnes. dan pernah mengabdi di Sma
14 semarang.
1. Setau Pak Arif sekarang syaratnya tidak menggunakan nuptk
ibu, hanya tangkapan layar dapodik yang menandakan bahwa guru tersebut jelas
mengajar di sekolah tersebut.
2. Selama WFH sekolah kami belajar dirumah. Kegiatan belajar
kami sampaikan lewat sms HP. Kami bagi perwilayah atau daerah. setiap jam
pelajaran di hari tertentu salah satu siswa yang mempunyai HP mencari tempat
sinyal. Kemudian dissampaikan. Tugas berbentuk portofolio dan laporan. Ketika
nanti sudah aktif KBM siswa siap untuk berbagi hasilnya. Selain itu Pak Arif
juga membuat media android ibu yang bisa diakses secara offline.
3. Preparatnya sama saja seperti praktek biasa, namun masih
terbatas pada struktur tumbuhan.
Pertanyaan 6
Muh. Said Makassar
Pertanyaan :
1. Bagaimana langkah membuat inovasi pembelajaran ?
2. Yang mana lebih tinggi nilainya menggunakan bahan bekas
daripada bahan modern dlm inovasi pembelajaran ?
Jawab
Terimaksih pak muh Said.
1. tahapan inovasi untuk menghasilkan produk baru
berbeda-beda pak tergantung rujukan siapa yang kita pakai. Namun garis besarnya
: Ide - pembuatan- validasi ahli- uji coba dan produk jadi.
2. instrumen penilainya banyak pak, bahan yang dipakai hanya
salah satu. Aspek mudah digunakan, mudah didapatkan, mudah ditiru, dan seberapa
manfaat produk itu menjadi penilain yang tinggi
Pertnyaaan 7
Selamat siang, perkenalkan Pak Arif Lya fransiska dari Bali,
Pak Arif ingin bertanya dalam pembuatan karya inovasi
seperti yang Anda telah lakukan biasanya kendala apa yang paling anda rasakan
dalam pelaksanaannya??? dan apakah sebuah karya inovasi haruskah berdasarkan
pada 1 tingkat kemampuan anak didik atau karya inovasi yang dibuat harus bisa
menaungi semua kemampuan peserta didik??? terimakasih
Jawab
Terimakasih ibu Lya.
kendala yang biasa muncul ya hasilnya tidak sesuai dengan
harapan ibu. Atau tidak layak ketika kita validasikan ke ahli. Inovasi yang
dilakukan untuk menjawab permasalahan yang muncul di latar belakang yang kita
tulis. Dalam media yang Pak Arif buat tidak bisa menaungi semua kemampuan.
Pertanyaan 8
Selamat siang Pak Arif Ni Kadek Sumertini dari SLB N 1
Buleleng Bali,,
Sangat menarik sekali karya inovasi yang dishare,,pertanyaan
Pak Arif: Karya inovasi itu ditulis dalam bentuk laporan penelitian PTK atau ada
format khusus laporan karya inovasi ya?
Terima kasih
Jawaban
Baik terimakasih ibu Ni Kadek. Inovasi dapat ditulis dalam format karya
ilmiah apapun ibu.
Kalau pengembangan berarti mengikuti penulisan penelitian
Rnd. Kalau penerapan atau penggunaan maka mengikuti penulisan penelitian PTK
atau eksperimen.
bahkan apabila kita mencoba sesuatu yang baru kemudian kita
tulis saja secara deskripsi itu termasuk dalam penulisan best practice.
Sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari bapak ibu sudah dan
sering melakukan inovasi namun tidak terdokumentasi atau tertulis dalam karya
ilmiah.
Pertanyaan 9
Selamat siang Perkenalkan Pak Arif putrin dari Blitar mau
tanya dan ingin mengeri tentang langkah awal dan cara membuat karya ilmah
sampai bisa sukses itu gimana pak. Terimakasih.
Jawaban
terimakasih ibu putrin.
penulisan karya ilmiah seperti kita membuat skripsi saat
kuliah ibu. Ada latar belakangnya, tujuan, manfaat, metode, data, hasil serta
kesimpulan. Nanti sya coba bagikan file penulisan karya ilmiah yang
dipresentasikan dewan juri. Insyaallah Pak Arif cari terlebih dahulu.
Pertanyaan 10
Pak Arif Sri Budi Handayani dari Gresik mau bertanya. Sebelumnya
Pak Arif mengucapkan selamat atas prestasi
yang sudah diraih Bapak. Apakah Bapak guru Biologi dan juga guru Komputer? Gr
itu singkatan apa Pak.Maaf. Di belakang
nama Bapak.
Jawaban
terimakasih ibu Sri.
Gr itu gelar yang diberikan setelah mengikuti Pendidikan
Profesi Guru selama setahun. Gr itu sebutan Guru di sertifikat pendidik.
Pertanyaan 11
Assalamualaikum Pak Arif, sy Candra dr MTsN 1 Langkat
Sumatera Utara, bs sharing ke kami pak...apa kriteria utama penilaian dewan juri terhadap sebuah karya inobel?
Trmksh
Jawaban
Maaf terlewat. Pak Arif guru biologi saja ibu namun suka
komputer. Terimakasih pak Candra,
instrumennya banyak. nanti Pak Arif share ya pak. Namun yang utama untuk
produknya orisinal atau keterbaruan, kebermanfaatan atau dampak, mudah ditiru
atau digunakan.
Pertanyaan 12
Ass. Wr. Wb
Selamat siang Pak Arif D
Bagaimana minat dan hasil anak sebelum menemukan alat (
karya inovatif) Apakah ada ide lain untuk mrngembangkan karya itu. Bagaimana guru yg lainnya. Apakah juga
membuat karya inovatif yg juga memilili manfaat untuk anak2).
Rifatun Salatiga JawaTengah
Terimakasih
Jawaban
Wassalamualaikum.
Terimakasih ibu Rifatun.
Hasilnya minat anak naik signifikan ibu, Pak Arif membawa
produknya saja mereka sudah tertarik apalagi mencoba untuk menggunakannya. Ada
hal baru yang merrka dapatkan. Hasil belajar naik tidak signifikan. Hasil
belajar didapat dari nilai tes dan tugas. Nilai tes dari yang dapat 30an
meningkat menjadi 50an. Nah nilai tugas yang baik. Sebelumnya untuk
mengumpulkan tugas saja selalu terlambat sekarang ada perbaikan. Untuk guru
kami masih kurang ibu. Di sekolah kami ada 15 guru. 3 pns dan lainnya kontrak.
Inovasi ini yang pertama di sekolah. Setelahnya Pak Arif ajak teman guru untuk
ikut bergabung dan mengembangkan kelasnya.
Pertanyaan 13
Assalamualaikum.....Pak Arif ika siswati dari kota tangerang
mau menanyakan.....dari dua narasumber yang dihadirkan yang kemarin bp. tri
agus cahyono, M.Pd. dan sekarang Bp. Arif d. . Dari inovasi pembelajaran yang
dihasilkan keduanya sama-sama menggabungkan antara media/ alat peraga dengan
teknologi. Pertanyaannya apakah kriteria pembuatan inobel untuk tingkat
nasional pak?
Jawaban
Wassalamualaikum.
Terimaksih ibu Ika.
Ada instrumen penilaian sesuai standar penyelenggara ibu.
Sistematika laporan, Penilaian media hingga intrumen penilain presentasinya.
Nanti setelah selesai Pak Arif bagikan melalui Mr Bams atau OmJay. Ada panduan
dan formatnya.
Pertanyaan 14
Selamat sore pak, sesuai pengalaman bapak, metode apa yang
paling dominan bapak gunakan dalam proses belajar? Apa alasan bapak menggunakan
metode tsb? Tks. Yulius Roma-Tana Toraja.
Selamat sore Pak Yulius, terimakasih.
Jawab
Yang paling dominan sya menggunakan metode diskusi,
pengamatan dan penyampaian hasil. Biasanya dengan model Projek based learning
atau Problem based learning. Alasannya kedua model tersebut dapat menggali
kemampuan siswa secara sebenarnya. Tak hanya kognitif namun menyeluruh.
Pertanyaan 15
Yth. Om Arif. Pekenalkan nama Pak Arif Nurhaida dr Riau.
Bagaimana cara memotivasi siswa yg lebih suka membantu ortunya dikebun karet
dari pada kesekolah. Ada juga murid yg suka mengganggu temannya. Sepertinya hrs
sekolah ke slb. Tapi di tempat Pak Arif belum ada sekolah slb. Pak Arif
kewalahan jadiya. Terima kasih ilmunya Om Arif.
Jawaban
terimakasih ibu nurhaida.
Hal yang sama terjadi di kami. Orangtua lebih suka anaknya bekerja
diladang untuk membuka hutan atau mencari hasil. yang pernah kami lakukan adalah visit home
ibu. bertemu keluarga dan anaknya menjelaskan pentingnya sekolah. Minimal
sampai SMA lah, kesadaran untuk belajar masih rendah. Untuk siswa yang
berkebutuhan khusus harua mendapatkan perhatian lebih diabanding siswa lainnya
ibu. Sekarang masuk sekolah inklusi. mohon maaf itu juga Pak Arif belum punya pengalaman.
Diakhir pertemuan
Terimakasih Om Bams, dan semangat bapak ibu guru, semoga
diberikan kesehatan dan keberkahan dalam mendidik anak bangsa. Aamiin.Terimaksih
om jay, Om Bams. mohon maaf bapak ibu guru bila salah penyampain kata. mohon
izin undur diri.
Tidak ada komentar: