BANG ARIF SANG PEMENANG INOBEL


Resume: Berbagi Pengalaman  Mengenal Inovasi Pembelajaran di Ajang Nasional
Pertemuan ke-7(12) Gelombang 10
Har/tanggal: Selasa , 12 Mei 2020
Pukul :13.00-15.00 WIB
Topik : Berbagai Pengalaman Mengenal Inovasi Pembelajaran di Ajang Naional
Pembicara: Arif Darmadiansah
Moderator:  Bambang ayah Salwa
Peresume: Fitran Sari (fitransari67@gmail.com)


BANG ARIF SANG PEMENANG INOBEL

Oleh; Fitran Sari

Hari ini kami selasa, 12 Mei 2020 kembali dipertemuan dengan Guru muda berpretasi yang membagi pengalaman menjadi juara diajang nasional. Materi kali ini yang diagkat adalah “ Berbagai Pengalaman Mengenal Inovasi Pembelajaran di Ajang Naional”. Untuk mengenal lebih dekat dengan Bang Arif dibawah ini dilengkapi dengan biodata. Bang Aarif seorang guru yang kreatif disebabkan karena keterbatasan alat peraga, media pembelajaran atau fasilitas pembelajaran. Mata pelaaran pak arif sangat membutuhkan fasilitas untuk praktikum siswa. Pak arif mengajar pelajaran Biologi, untuk menunjang kegiatan pembelajaran sangat membutuh sarana dan prasarana seperti Laboratorium dan kelengkapan alat-alat laboratorium. Namun hal ini tidak dimiliki oleh Bang Arif. Lokasi tempat mengajar Bang Arif termasuk daerah yang amat sangat sangat terluar. Hal ini sangat memerlukan kreativitas yang tinggi dari guru termasuk Bang Arif. Adapun biodata Bang  Arif dapat dibaca dibawah ini.
BIODATA
Nama Lengkap : Arif Darmadiansah, S.Pd., Gr
Bidang Keahlian : Biologi dan Komputer
Instansi : SMA Negeri Probur, Kab Alor, Prop Nusa Tenggara Timur
Alamat rumah : Teluk Mutiara (depan PMI kalabahi) Nomor 50 Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur (NTT)
Prestasi yang pernah diraih:
1. Juara II Inovasi Pembelajaran Jenjang SMA/SMK Tingkat Nasional - 2016
2. Finalis Lomba Pendidikan Karakter Bangsa Jenjang SMA/SMK Tingkat
    Nasional – 2017
3. Penerima Research Grant SEAMEO – 2017
4. Juara I Inovasi Pembelajran Jenjang SMA/SMK Tingkat Nasional – 2018
5. Peserta Shortcourse Digital Tool MOOCs di Charles Darwin University – 2019
6. Delegasi Indonesia dalam Shortcourse Asessment Purpose for teacher science    
    Recsam Penang – Malaysia – 2019
7. Juara I Guru Dedikasi Tingkat Nasional Tahun 2019 Judul Buku dan Tahun
    Terbit (10 Tahun Terakhir): 1. Digital Learning 4.0 untuk Pendidikan   
    Indonesia ISBN 978-623-91182-6-6 Tahun 2019
2. Merajut benang kemandirian melalui tambang kemaritiman ISBN 978-602-
    6245-27-4 Tahun 2019
3. Jurnal : Engineering Edu Jurnal Ilmiah pendidikan dan Ilmu Teknik. LIPI.
    (2017)
4. Jurnal : Prosiding Lomba Inovasi pembelajaran Kesharlindung Dikmen
    Kemdikbud. (2017)
5. Buku Latihan : Biologi GOKIL 100% (Gol Kilat Tembus Nilai 100 UN) (2016)
6. Buku Pelajaran :Biologi 2 Untuk SMA Kelas XI Semester 2 (2015)
7. Buku Latihan : IPA 100% GOKIL (Gool Kilat Tembus Nilai 100) Ujian Nasional
    (UN) SMP (2014)
 8. Buku Latihan : Tembus PTN (Perguruan Tinggi Negeri) (2013)
 9. Buku Latihan : IPA 100% GOKIL (Gol Kilat Tembus Nilai 100) UN dan USBN  
     Sekolah Dasar (SD) (2013)
Sebelum  memulai berbagi pengalaman terlebih dahulu  Bang Arif menyapa peserta, kali ini  sebagai moderator@ bambang ayah salwa.
Dengan mengucapkan salam kenal untuk bapak/ibu guru yang hebat, mohon izin untuk berbagi pengalaman mengenai kompetisi Inobel di Tingkat Nasional. Bang   Arif guru Biologi aslinya Solo namun mengabdi di Alor NTT seperti yang sudah digambaran awal. Selanjutnya Bang Arif meminta peserta  menyimak terlebih dahulu mengenai inovasi yang pernah dilakukan dalam video youtube yang sudah di share.
Awal mengikuti lomba 2016
Pertama kali mengikuti Inobel tahun 2016 itu dari sebuah ide atau gagasan sederhana. Bang Arif ingin membuat kelas menjadi menarik dan menyenangkan, selain itu kualitas pembelajaran juga kurang optimal, dan yang utama tiada sarana prasarana yang mencukupi.  Ide inovasi bisa muncul dari sebuah masalah atau potensi atau  jelasnya banyak masalah. Dari ide kemudian dipikirkan kira-kira mampu dan bisa tidak diterapkan di sekolah dengan kondisi sekolah Bang Arif yang tidak ada listrik dan sinyal telepon apalagi internet.  Kemudian mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah produk. Produk yang dimaksud bisa berupa media, bahan ajar, atau lainnya.  Menuliskannya menjadi sebuah karya ilmiah dan bersiap untuk mengikuti kompetisi
Bentuk Karya ilmiah dan Link
Karya ilmiah dapat berupa penelitian tindakan kelas, eksperimen atau yang dibuat pengembangan (R&D), ini untuk jenjang dikmen. Karena setiap jenjang berbeda kaidahnya.  untuk dikmen bisa di akses portal kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id dan untuk dikdas kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id Tu https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id/&ved=2ahUKEwjnieLbyq3pAhWMf30KHSp1AdgQFjAAegQIBhAD&usg=AOvVaw1mpfWejapwzbEz7nKmAdtc ( mohon maaf itu link kesharlindung nya) . Pendaftaran dan seleksinya melewati portal itu. Terbuka untuk semuanya. Ada beberapa syarat administrasi yang diminta misalkan surat peryataan aktif mengajar, surat bukan kepala sekolah, dan lainnya
Tahap seleksi untuk mengikuti lomba
Tahap pertama seleksi administrasi kemudian dilakukan penilaian proposal penelitian. Apabila lolos maka akan mendapatkan undangan bimtek dari kemendikbud. Setelahnya melakukan penelitian pelaksanaan disekolah,  dan mengirim kembali ke portal sebagai laporan akhir penelitian. Selanjutnya dilakukan seleksi dan didapatkan peserta finalis yang akan kembali di undang untuk mempresentasikan hasil karya ilmiahnya. Untuk jenjang SMA ada 3 bidang SMA, SMK dan sekolah Inklusi.  Sedangkan untuk jenjang dikdas  langsung mengirim laporan hasil penelitiannya. Bidangnya ada IPA, SOSHUM dan lainnya.  Waktu tahun 2016 diambil 100 peserta yang lolos sebagai finalis. SMA 50 dan SMK 50. waktu itu belum ada Inklusi.
Format lomba tahun2018
Tahun 2018 format dibedakan kembali. Ada kategori utama bagi peserta yang pernah juara, madya yang pernah masuk finalis namun belum juara dan pemula bagi yang pertama kali mengikuti. Tes yang dilakukan saat babak final meliputi tes tertulis, tes presentasi dan laporan hasil penelitian. tes tertulis berisi soal peadagogik pilihan ganda 100 soal.  tahapan lomba inovasi paling tidak seperti itu bapak ibu, nanti bisa ditambahkan apabila ada yang terlupa.
Inovasi yang dilakukan
Sekarang mengenai inovasi yang dilakukan di sekolah. Sekolah Bang Arif terletak di ujung alor. Daerah 3T kalau orang bilang. Terpencil, terluar, terdalam dan ter ter lainnya.  berada di puncak perbukitan, berbatasan langsung dengan negara tetangga Timur Leste yang dipisahkan oleh selat. Bila mau menyeberang  ke Dili lebih dekat daripada ke Kupang bila naik kapal atau pesawat. Minimnya sarana prasarana membuat kegelisahan dan tantangan untuk berbuat lebih baik
Inovasi Tahun 2016
Inovasi tahun 2016 terinspirasi dari sebuah proyektor hologram 3d. Bang Arif ingin menjelaskan Invertebrata tapi anak-anak tidak punya gambaran sama sekali. biar menarik Bang Arif mencoba membuatnya. Pertama media terbuat dari mika tutup CD bekas, yang dibentuk seperti prisma sebagai tempat hologramnya dan HP android sebagai penayang video atau gambarnya. Mika CD Bang Arif diperoleh dari teman guru, bekas atau bisa disebut limbah. Namun setelah lolos masuk finalis Bang Arif mengganti menjadi akrilik, yang dibeli di toko harganya 30 ribu seukuran kertas A4. Tampilannya lebih jelas, gambarnya juga detail tidak kusam. Bang Arif menggunakan metode pengembangan atau R&D dalam penelitiannya. Setelah produk jadi maka meminta  pengawas sekolah untuk menilaikan dan  hasilnya valid Atau layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Selanjutnya  media diujicobakan ke anak dan mendiseminasikan ke teman guru lain, hasil yang didapat minat dan hasil belajar anak meningkat.
Inovasi Tahun 2018
Sudah mempunyai gambaran dan pengalaman sebelumnya, jadi lebih siap dengan apa yang harus dilakukan. Media kali ini Pak Arif dinamakan Millea : Mikroskop Lensa Laser Tenaga Surya. Ide diperoleh  juga saat mau pembelajaran struktur tumbuhan, tidak ada mikroskop untuk pengamatan. Padahal biologi 40 persen praktek di Laboratorium yang membutuhkan alat salah satunya mikroskop, media ini juga sederhana. Hanya HP yang ditambahi lensa laser bekas mainan anak-anak yang biasa dipakai untuk sorot, sehingga perbesarannya bertambah. Media ini sudah cukup untuk dapat melihat struktur anatomi tumbuhan.  walaupun belum maksimal namun ada hal baru yang anak dapat.  
Dari ke dua  ide tersebut, Bang Arif beruntung mendapatkan nomor juara. Dengan rendah hati Bang Arif mengatakan:  “Mungkin kasian melihat saya guru kampung yang jauh-jauh datang ke Ibukota untuk belajar”. Memang dari awal niatnya hanya buat belajar, bukan ikut berkompetisi. Tahun 2108 ikut ambil bagian untuk berkompetisi  dan sisanya bonus saja.  Sehingga dapat berkenalan dengan teman guru se Indonesia,  karena tidak menyangka saja, Bang Arif yang biasa di hutan bisa berada di tengah-tengah mereka.
Demikian Bang Arif bagikan pengalaman mengikuti lomba Inobel  kurang lebihnya Pak Arif mohon maaf, dan bisa  disambung dengan tanyajawab.
Sesi Tanya Jawab
Pertanyaan 1.
Yth.Bpk Arif
Pak Arif Achmad Husin dari Bangka .pertanyaan Pak Arif.
inovasi pddkn yg bgmn,yg dpt mbuat guru sukses ikut olimpiade ?....trimkasih Pk.Arif..ats ilmunya
Jawaban
Terimakasih pak Achmad  dari Bangka. Menurut Pak Arif, Bidang inovasi itu banyak sekali pak. Tergantung tujuannya apa. Dari pertanyaan bapak bagaimana agar sukses mengikuti olimpiade? inovasinya apa. Ini untuk guru atau siswa pak? strategi pembelajaran mungkin bisa dijadikan sebagai inovasi untuk tujuan tersebut.
Pertanyaan 2
Perkenalkan Pak Arif Rachmi dari Banyuwangi, mau tanya utk om Arif...menarik sekali penelitian karya ilmiah yang dilakukan menjelaskan.invertebrata menggunakan akrilik sebagai hologram dan millea utk anatomi tumbuhan pengganti mikroskop, pertanyaan Pak Arif 2 ide itu yg akhirnya juara atau yang millea saja? Boleh share foto media milleanya?
Jawaban 
Terimakasih bu Rachmi, untuk yang hologram mendapatkan juara 2 tahun 2016. Dan Millea juara 1 kategori utama tahun 2108. Medianya sudah Pak Arif bagikan di youtube ibu.
Pertanyaan 3
Sangat kreatif, memang pantas menjadi juara
Pertanyaan 3
Sy,  Asfia dari Kudus
Bp. Arif mohon idenya untuk karya inovatif utk mapel kimia yg bermanfaat dan tidak sulit utk anak sekolah, terimakasih
Jawaban
Terimakasih ibu Asfia, kimia masih serumpun dengan mapel Pak Arif ibu. dan terkadang Pak Arif juga ikut mengajar kimia. Karena tidak ada guru kimia. Kalau ditanya ide, setiap permasalahan di sekolah beda-beda ibu. Media yang Pak Arif buat jelas tidak dapat digunakan di Kudus.
Namun Pak Arif melihat anak-anak saat ini sangat tertarik dengan dunia digital. Siswa Pak Arif yang dikampung saja punya android, padahal tidak bisa dipakai. Mungkin itu bisa dimanfaatkan sebagai potensi untuk mengembangkan sebuah media digital bagi mereka.
 Pertanyaan 5
Assalamualaikum pak Arif,Pak Arif Nora dari Semarang,,mohon maaf sebelumnya,,pak Arif apakah lulusan Unnes? wajah nya sepertinya Pak Arif familiar. Tapi mohon maaf jika salah.
 Ada beberapa hal yang Pak Arif tanyakan
1. Bagi guru 2 yang ingin ikut kompetisi seperti itu tetapi terhalang NUPTK yg blm keluar, apakah pak Arif mempunyai kekuatan info terkait lomba yang tidak mempermasalahkan NUPTK?
2. selama pandemi, inovasi apa yg bapak lakukan ketika mengajar? Terkait kita harus WFH dan siswa LFH?
3. Untuk mikroskop tadi, preparat yang digunakan tetap preparat pada umumnya ataukah bagian tumbuhan asli?
Jawaban
betul ibu Pak Arif lulusan Unnes. dan pernah mengabdi di Sma 14 semarang.
1. Setau Pak Arif sekarang syaratnya tidak menggunakan nuptk ibu, hanya tangkapan layar dapodik yang menandakan bahwa guru tersebut jelas mengajar di sekolah tersebut.
2. Selama WFH sekolah kami belajar dirumah. Kegiatan belajar kami sampaikan lewat sms HP. Kami bagi perwilayah atau daerah. setiap jam pelajaran di hari tertentu salah satu siswa yang mempunyai HP mencari tempat sinyal. Kemudian dissampaikan. Tugas berbentuk portofolio dan laporan. Ketika nanti sudah aktif KBM siswa siap untuk berbagi hasilnya. Selain itu Pak Arif juga membuat media android ibu yang bisa diakses secara offline.
3. Preparatnya sama saja seperti praktek biasa, namun masih terbatas pada struktur tumbuhan.
Pertanyaan 6
Muh. Said Makassar
Pertanyaan :
1. Bagaimana langkah membuat inovasi pembelajaran ?
2. Yang mana lebih tinggi nilainya menggunakan bahan bekas daripada bahan modern dlm inovasi pembelajaran ?
Jawab
Terimaksih pak muh Said.
1. tahapan inovasi untuk menghasilkan produk baru berbeda-beda pak tergantung rujukan siapa yang kita pakai. Namun garis besarnya : Ide - pembuatan- validasi ahli- uji coba dan produk jadi.
2. instrumen penilainya banyak pak, bahan yang dipakai hanya salah satu. Aspek mudah digunakan, mudah didapatkan, mudah ditiru, dan seberapa manfaat produk itu menjadi penilain yang tinggi
Pertnyaaan 7
Selamat siang, perkenalkan Pak Arif Lya fransiska dari Bali,
Pak Arif ingin bertanya dalam pembuatan karya inovasi seperti yang Anda telah lakukan biasanya kendala apa yang paling anda rasakan dalam pelaksanaannya??? dan apakah sebuah karya inovasi haruskah berdasarkan pada 1 tingkat kemampuan anak didik atau karya inovasi yang dibuat harus bisa menaungi semua kemampuan peserta didik??? terimakasih
Jawab
Terimakasih ibu Lya.
kendala yang biasa muncul ya hasilnya tidak sesuai dengan harapan ibu. Atau tidak layak ketika kita validasikan ke ahli. Inovasi yang dilakukan untuk menjawab permasalahan yang muncul di latar belakang yang kita tulis. Dalam media yang Pak Arif buat tidak bisa menaungi semua kemampuan.
Pertanyaan 8
Selamat siang Pak Arif Ni Kadek Sumertini dari SLB N 1 Buleleng Bali,,
Sangat menarik sekali karya inovasi yang dishare,,pertanyaan Pak Arif: Karya inovasi itu ditulis dalam bentuk laporan penelitian PTK atau ada format khusus laporan karya inovasi ya?
Terima kasih
Jawaban
Baik terimakasih ibu Ni Kadek.  Inovasi dapat ditulis dalam format karya ilmiah apapun ibu.
Kalau pengembangan berarti mengikuti penulisan penelitian Rnd. Kalau penerapan atau penggunaan maka mengikuti penulisan penelitian PTK atau eksperimen.
bahkan apabila kita mencoba sesuatu yang baru kemudian kita tulis saja secara deskripsi itu termasuk dalam penulisan best practice.
Sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari bapak ibu sudah dan sering melakukan inovasi namun tidak terdokumentasi atau tertulis dalam karya ilmiah.
 Pertanyaan 9
Selamat siang Perkenalkan Pak Arif putrin dari Blitar mau tanya dan ingin mengeri tentang langkah awal dan cara membuat karya ilmah sampai bisa sukses itu gimana pak. Terimakasih.
Jawaban
terimakasih ibu putrin.
penulisan karya ilmiah seperti kita membuat skripsi saat kuliah ibu. Ada latar belakangnya, tujuan, manfaat, metode, data, hasil serta kesimpulan. Nanti sya coba bagikan file penulisan karya ilmiah yang dipresentasikan dewan juri. Insyaallah Pak Arif cari terlebih dahulu.
Pertanyaan 10
Pak Arif Sri Budi Handayani dari Gresik mau bertanya. Sebelumnya Pak Arif mengucapkan  selamat atas prestasi yang sudah diraih Bapak. Apakah Bapak guru Biologi dan juga guru Komputer? Gr itu singkatan apa Pak.Maaf.  Di belakang nama Bapak.
Jawaban
terimakasih ibu Sri.
Gr itu gelar yang diberikan setelah mengikuti Pendidikan Profesi Guru selama setahun. Gr itu sebutan Guru di sertifikat pendidik.
Pertanyaan 11
Assalamualaikum Pak Arif, sy Candra dr MTsN 1 Langkat Sumatera Utara, bs sharing ke kami pak...apa kriteria utama penilaian  dewan juri terhadap sebuah karya inobel? Trmksh
Jawaban
Maaf terlewat. Pak Arif guru biologi saja ibu namun suka komputer.  Terimakasih pak Candra, instrumennya banyak. nanti Pak Arif share ya pak. Namun yang utama untuk produknya orisinal atau keterbaruan, kebermanfaatan atau dampak, mudah ditiru atau digunakan.
Pertanyaan 12
Ass. Wr. Wb
Selamat siang Pak Arif D
Bagaimana minat dan hasil anak sebelum menemukan alat ( karya inovatif) Apakah ada ide lain untuk mrngembangkan karya itu.  Bagaimana guru yg lainnya. Apakah juga membuat karya inovatif yg juga memilili manfaat untuk anak2).
Rifatun Salatiga JawaTengah
Terimakasih
Jawaban
Wassalamualaikum.
Terimakasih ibu Rifatun.
Hasilnya minat anak naik signifikan ibu, Pak Arif membawa produknya saja mereka sudah tertarik apalagi mencoba untuk menggunakannya. Ada hal baru yang merrka dapatkan. Hasil belajar naik tidak signifikan. Hasil belajar didapat dari nilai tes dan tugas. Nilai tes dari yang dapat 30an meningkat menjadi 50an. Nah nilai tugas yang baik. Sebelumnya untuk mengumpulkan tugas saja selalu terlambat sekarang ada perbaikan. Untuk guru kami masih kurang ibu. Di sekolah kami ada 15 guru. 3 pns dan lainnya kontrak. Inovasi ini yang pertama di sekolah. Setelahnya Pak Arif ajak teman guru untuk ikut bergabung dan mengembangkan kelasnya.
Pertanyaan 13
Assalamualaikum.....Pak Arif ika siswati dari kota tangerang mau menanyakan.....dari dua narasumber yang dihadirkan yang kemarin bp. tri agus cahyono, M.Pd. dan sekarang Bp. Arif d. . Dari inovasi pembelajaran yang dihasilkan keduanya sama-sama menggabungkan antara media/ alat peraga dengan teknologi. Pertanyaannya apakah kriteria pembuatan inobel untuk tingkat nasional pak?
Jawaban
Wassalamualaikum.
Terimaksih ibu Ika.
Ada instrumen penilaian sesuai standar penyelenggara ibu. Sistematika laporan, Penilaian media hingga intrumen penilain presentasinya. Nanti setelah selesai Pak Arif bagikan melalui Mr Bams atau OmJay. Ada panduan dan formatnya.
Pertanyaan 14
Selamat sore pak, sesuai pengalaman bapak, metode apa yang paling dominan bapak gunakan dalam proses belajar? Apa alasan bapak menggunakan metode tsb? Tks. Yulius Roma-Tana Toraja.
Selamat sore Pak Yulius, terimakasih.
Jawab
Yang paling dominan sya menggunakan metode diskusi, pengamatan dan penyampaian hasil. Biasanya dengan model Projek based learning atau Problem based learning. Alasannya kedua model tersebut dapat menggali kemampuan siswa secara sebenarnya. Tak hanya kognitif namun menyeluruh.
Pertanyaan 15
Yth. Om Arif. Pekenalkan nama Pak Arif Nurhaida dr Riau. Bagaimana cara memotivasi siswa yg lebih suka membantu ortunya dikebun karet dari pada kesekolah. Ada juga murid yg suka mengganggu temannya. Sepertinya hrs sekolah ke slb. Tapi di tempat Pak Arif belum ada sekolah slb. Pak Arif kewalahan jadiya. Terima kasih ilmunya Om Arif.
Jawaban
terimakasih ibu nurhaida.  Hal yang sama terjadi di kami. Orangtua lebih suka anaknya bekerja diladang untuk membuka hutan atau mencari hasil.  yang pernah kami lakukan adalah visit home ibu. bertemu keluarga dan anaknya menjelaskan pentingnya sekolah. Minimal sampai SMA lah, kesadaran untuk belajar masih rendah. Untuk siswa yang berkebutuhan khusus harua mendapatkan perhatian lebih diabanding siswa lainnya ibu. Sekarang masuk sekolah inklusi. mohon maaf itu juga Pak Arif belum punya pengalaman.
Diakhir pertemuan
Terimakasih Om Bams, dan semangat bapak ibu guru, semoga diberikan kesehatan dan keberkahan dalam mendidik anak bangsa. Aamiin.Terimaksih om jay, Om Bams. mohon maaf bapak ibu guru bila salah penyampain kata. mohon izin undur diri.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.