MENULIS SEMUDAH BERBICARA


Resume:  Writer  Plus
Hari/tanggal: Jumat,  24 Juli 2020
Waktu : 19.00-21.00
Pemateri: Sri Melni


MENULIS SEMUDAH BERBICARA

Menulis  terkadang memerlukan waktu dan tempat khusus. Pada saat ada ide supaya tidak lupa maka kita akan menulis garis besar. Namun terkadala jika  alat tulis tidak tersedia. atau bahkan sedikit merepotkan.
Begitu juga saat kita akan menulis suatu pekerjaan/tugas, muncul rasa enggan untuk mengetik. Hal ini dapat menyebabkan tertuda tugas atau pekerjaan. Suatu pekerjaan bisa tertunda karena laptop tidak tersedia padahal tugas harus segera dikerjakan. Atau bahkan imajinasi bisa hilang jika menunggu menulisnya sampai di rumah. Semua permasalahan diatas sering kita alami.
Malam ini   disajikan solusi untuk mengatasi masalah di tersebut. Nara sumber kita malam ini Ibu Melni. Materi yang akan disampaikan Writer plus. sebuah aplikasi untuk mempermudah kita dalam menulis tugas semudah berbicara.
Sebelum ibu Melni menyampaikan materi, mari kita lihat data beliau. 
Ibu Melni seorang guru TIK SMP N 1 Gunung Talang, lahir di Nagari  Koto Gadang Guguk Solok, 11 Mei 1976. Aktif sebagai pengiat literasi di Sumatera Barat khusus di Kota Solok, aktif di organisasi Bundo Kanduang dan Tim RPJM Nagari.

Apa Writer Plus?
Aplikasi writer plus adalah sebuah aplikasi yang digunakan banyak orang untuk menulis.

Langkah-langkah  menggunakan Writer  Plus

1. Buka google
2. Ketik writer plus dan di download di play store
3. Install lalu  buka
4. Tekan tanda tambah (+) yang berwarna hijau toska disudut kanan bawah
5. Di Keyboard akan muncul  tanda microphone
6. Keluar kalimat have something to say
7.Tekan tanda microphone tersebut dan mulailah berbicara maka dilayar muncul dalam bentuk tulisan
8. Tekan garis 3 yang terdapat pada sudut kanan atas. ubah ke dalam bentuk format teks
9. Copy ke dalam  bentuk microsolfword
10. Selanjutnya dapat di share

Ilmu baru bagi saya dan sangat bermanfaat. Langkah-langkah diatas langsung saya praktikan.
Awalnya saya mendownload di laptop menggunakan akun saya yang terkoneksi dengan HP android yang saya gunakan. Berulang-ulang saya download tidak berhasil. Ternyata memori HP sudah penuh.
Saya gunakan akun anak saya juga memorinya sudah penuh. Akhirnya saya menggunakan akun suami baru berhasil.
Saya membacakan materi dilayar HP muncul tulisan seperti yang saya ucapkan. Saya coba share tulisan yang sudah tersimpan di  word ke WA dan google classroom ternyata berhasil.

Demikian tulisan yang sederhana ini semoga bermanfaat, silakan mencoba untuk mempermudah pekerjaan kita. Salam Literasi



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.