Cara Sederhana Mendisiplin Siswa


 Cara Sederhana Mendisiplin Siswa


Seorang guru bukan hanya mentranfer pengetahuan namun yang lebih utama adalah mendidik. Dengan mendidik diharapkan terbentuk siswa yang berkarakter. Salah satu contoh adalah sikap disiplin. Belajar disiplin sedini mungkin akan mempengaruhi kehidupan siswa dimasa akan datang. Kata disiplin mudah untuk diucapkan namun amat sulit untuk dilkasanakan. Dengan diterapkan sedini mungkin, maka diharapkan sikap disiplin akan menjadi membudaya dan melekat pada diri siswa. 
3 cara mudah guru memberikan contoh kedisiplinan didalam kegiatan pembelajaran
  1. Membuat komitmen. Sebelum memulai kegiatan pembelajaran di awal pertemuan maka buatlah komitmen. Aturan atau kesepakatan boleh dan tidak boleh dilakukan selama kegiatan pembelajaran berlangsung serta sangsi bila melakukan pelanggaran.
  2. Keteladan. Untuk mendisiplin siswa harus kita sebagai guru menjadi tauladan. Masuk kelas tepat waktu dan keluar tepat waktu. Untuk mengharapkan siswa tidak terlambat maka guru datang lebih awal. Bukan kita ditunggu siswa tapi gurulah yang menunggu siswa.
  3. Mengoreksi pekerjaan siswa. Memeriksa setiap tugas yang diberikan baik saat proses pembelajan maupun tugas mandiri. Dengan demikian siswa akan disiplin untuk mengerjakan karena merasa pekerjaan dihargai.
Demikian 3 contoh sederhana yang dapat mendisiplin siswa selama kegiatan pembelajaran. Semoga cara sederhana ini dapat bermanfaat khusus bagi kita guru-guru hebat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.